Tips Mudah Memilih Kambing Perah yang Baik

Bagi anda yang ingin beternak kambing perah, tentu anda sudah tahu banyak tentang bagaiamana cara memilih kambing perah yang baik. Baik di sini maksudnya adalah kualitas susu dan kesehatan kambing bisa terjaga. Selain itu pengertian baik adalah mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Nah ini kami sajikan berbagai tips mudah untuk mengetahui kambing perah yang baik.

  1. Ukuran tubuh harus kita perhatikan, karena semakin besar kambing maka akan menghasilkan susu kambing yang lebih banyak. Jika anda memilih kambing perah semisal kambing saanen, toggenburg, atau Anglo Nubian, maka pilihlah yang beratnya 42 kg dan tingginya sekitar 67 cm. sedangkan untuk kambing Peranakan Ettawa (P.E) betina pilihlah yang beratnya minimal 20 kg.
  2. Tidak boleh ada cacat di dalam tubuhnya. Karena cacat ini akan memberikan tanda bahwa kambing itu pernah mengalami kekerasan.
  3. Sinar mata kambing harus berbinar-binar, jangan yang bermata sayu. Biasanya kambing yang matanya sayu atau pucat menandakan kalau kambing tersebut tidak sehat atau sakit.
  4. Pilihlah kembing yang memiliki kepribadian baik. Pilihlah kambing yang jinak dan ramah, sehingga memudahkan untuk diperah.  Juga pilih kambing yang gerakannya lincah dan aktif bergerak, menandakan bahwa kambing tersebut sehat. Jangan sampai memilih kambing yang pemalas, biasanya yang demikian itu penyakitan.
  5. Bagian ambing harus bagus. Ambing adalah organ penghasil susu. Ambing atau dalam bahasa inggris disebut Udder tersebut memiliki 2 bagian. Yaitu tempat penampung (cistern), dan tempat mengeluarkan susu atau lubang susu yang disebut putting ambing (teat).

Bagaimana ambing Kambing yang Baik Itu?

  1. Ambing yang kencang kulit luarnya adalah yang terbaik. Ambing yang lemas akan menyulitkan ketika diperah dan biasanya mengganggu kambing ketika berjalandan mudah terluka.
  2. Produksi susu juga dipengaruhi oleh volume ambing. Volume ambing dapat dihitung dengan c ara melihat perbandingan antara diameter horizontal dan vertikal, ambing yang berbentuk mendekati bulat adalah yang terbaik.
  3. Kedua bagian dari ambing penampung dan puting haruslah memiliki perbandingan besar yang sama.
  4. Pilihlah bagian puting yang besar dan panjang sehingga memudahkan anda dalam memerah. Makin tua umur kambing makin besar pula puting nya.

Nah demikianlah sedikit tips untuk memilih kambing perah yang baik. Jika anda mau membeli susu perah yang baik, beberapa tips ini bisa dijadikan rujukan. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *