Tips Memilih Multivitamin untuk Kebutuhan Tubuh

Haruskah Meminum Multivitamin Untuk Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dalam Tubuh?

Untuk menjalankan semua fungsinya, tubuh kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral. Jika kebutuhan akan vitamin dan mineral terpenuhi maka tubuh akan berfungsi secara normal.Peran penting vitamin bagi tubuh adalah berfungsi sebagai perlindungan terhadap beberapa penyakit seperti sebut saja penyakit hati dan kanker usus.

Vitamin lengkapUntungnya kita bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis vitamin yang kita butuhkan. Bahkan kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin.

Tapi meski kebutuhan vitamin bisa dengan mudah terpenuhi, faktanya masih banyak orang yang secara rutin mengkonsumsi multivitamin. Seolah dengan mengkonsumsi multivitamin maka mereka akan merasa aman tidak akan kekurangan vitamin lagi sepanjang hari.

Baca: Aneka Ragam Rupa Buah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Pencernaan

Donald Novey, MD seorang ahli oobat dari Advocate Medicak Group yang berlokasi di Park Ridge, Illionaise mengatakan multivitamin adalah penyedia vitamin tambahan. Menurutnya kebanyakan orang meminum multivitamin untuk melengkapi asupan vitamin lain dalam jumlah kecil yang biasanya tidak terlalu diperhatikan orang lain. Vitamin dan mineral ini termasuk adalah zat besi, selenium, asam folat, potasium, chromium dan sebagainya.

Kebutuhan Vitamin Berubah Seiring Usia

Kebutuhan tubuh akan vitamin hanya penting dalam beberapa periode hidup saja. Dr Novey mengatakan sebagai contoh seorang ibu yang sedang dalam masa subur akan membutuhkan banyak asam folat untuk menghindarkan resiko kegagalan kehamilan sementara seorang ibu hamil butuh asupan multivitamin terutama pada tiga bulan pertama supaya bayi mendapat asupan nutrisi yang cukup. Sementara kalsium dibutuhkan oleh mereka yang sudah lanjut usia tapi masih aktif berkegiatan. Kalsium akan membantu tulang mereka tetap kuat guna menunjang aktifitas mereka. Sementara itu seorang vegetarian lebih membutuhkan multivitamin seperti B12, D, zat besi, yang tidak bisa mereka dapatkan dari sayuran.

Tips Memilih Multivitamin

Dr Novey mengatakan membeli multivitamin sama dengan membeli produk konsumer lain. Dr Novay menyarankan membeli multivitamin di toko obat atau supermarket yang menjual multivitamin. Yang perlu diperhatikan adalah memastikan multivitamin tersebut memiliki sertifikat dari badan yang mengawasi obat-obatan dan tanggal kadaluarsa masih berlaku. Perhatikan juga label pada multivitamin karena biasanya dituliskan konsumsi ideal multivitamin sesuai dosis yang aman.

Baca: Berikut Bahaya dan Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Hijau untuk Program Diet

Kalangan dokter sendiri memilih untuk tidak terlalu menyarankan pasien mengkonsumi terlalu banyak vitamin karena kebutuhan vitamin pada tubuh disesuaikan dengan kondisi pasien sendiri. Kadar vitamin yang berlebihan pada tubuh justru akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Jadi sudah jelas, kebutuhan akan vitamin sebenarnya bisa dicukupi dengan cara memakan buah dan sayuran, gandum, ikan, daging rendah lemak dan susu. Betul, hanya dengan cara tersebut anda sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin anda yang membuat tubuh anda berfungsi norml dan menghindarkan dari sakit. Mengkonsumsi multivitamin bisa anda jadikan langkah alternatif saat anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *