Susu Kambing dan Keunggulannya

Kambing adalah salah satu hewan yang memiliki bau yang khas. Beberapa orang mungkin alergi dengan bau kambing, namun walaupun bau siapa yang menyangka bahwa dalam diri kambing ada banyak keunggulannya. Dari dagingnya, bisa kita santap dalam bentuk sate kambing ataupun gule kambing, hayo siapa yang tidak suka dengan makanan yang khas ini? Selain dagingnya, kambing juga memiliki susu yang tidak kalah besar manfaatnya.

Beberapa keunggulan susu kambing adalah Bau dan rasanya sangat Khas yaitu sedikit berbau kambing. Adakalanya memang bau susu agak tajam karena dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Jika anda meminum susu kambing murni, maka anda akan merasakan rasa yang enak, sedikit manis, dan agak berlemak. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan gizi lebih unggul.

Keunggulan susu kambing adalah sebagai berikut :

  1. Lemak dan protein susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi. karena dalam susu kambing bentuknya lebih halus dan homogen. Susu kambing juga mudah dicerna oleh balita sampai orang tua/manula.
  2. Bentuk protein susu kambing mempunyai efek laksatif yang lembut.
  3. Dalam susu kambing mengandung vitamin B-1 susu kambing lebih tinggi dibanding susu sapi.
  4. Susu kambing baik sekali dikonsumsi anak-anak dan orang lanjut usia yang tidak dapat minum susu sapi karena gangguan pencernaan.
  5. Minum segelas susu kambing setiap hari membantu penyembuhan penderita asma dan radang paru-paru kronis.
  6. Minum segelas secara rutin bagi wanita dapat meningkatkan kehalusan kulit.
  7. Minum secara teratur 2 – 3 gelas per hari dapat membantu mengatasi impotensi pada pria.
  8. Sebagai sumber gizi serta mencegah / menyembuhkan TBC pada balita. Tidak menyebabkan diare dan alergi, karena tidak memiliki faktor lactose intolerance.

Selain itu, kadar nutrisi dan khasiat susu kambing amatlah istimewa. Komposisi gizinya baik dari segi protein, energi, maupun lemak mendekati komposisi ASI, air susu ibu. Susu kambing mengandung 3 s/d. 4 % Protein, 4 s/d 7 % Lemak, 4,5 % Karbohidrat, 134 gram Kalsium, dan 111 gram Forfor (dalam setiap 100 ml susu kambing).

Molekul lemak susu kambing pun jauh lebih kecil dan homogen, sehingga lebih mudah dicerna tanpa menimbulkan diare. Jadi, susu ini bebas lactose intolarence (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Karenanya, susu kambing cukup potensial bagi perbaikan nutrisi.

Komposisi dan struktur lemak susu kambing dan sapi memiliki perbedaan. Butiran lemak susu kambing berukuran 2 mikrometer, sementara lemak susu sapi berukuran 2,5 – 3,5 mikrometer. Dengan ukuran lemak lebih kecil, susu kambing lebih cepat terdispersi dan campurannya lebih homogen (merata).

dirangkum dari berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *