Siapa Saja yang Mengkonsumsi Susu Kambing?

Kalau kita melihat catatan sejarah, ternyata susu kambing merupakan susu yang senantiasa menjadi minuman wajib. Karena susu kambing memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Susu kambing juga diyakini bisa meningkatkan gairah seksual pasangan. Nah untuk lebih jelasnya kita lihat siapa saja sih sebenarnya yang mengkonsumsi susu kambing?

1. Nabi Adam

Dalam beberapa literature disebutkan bahwa Habil dan Qobil adalah orang pertama yang berternak kambing. Ia mengambil susu kambing untuk konsumsi minuman sehari-hari. Inilah sejarah awal mulanya orang mengkonsumsi susu kambing. Ini adalah awal dari ‘Human Civilization’ (tamadun manusia). Habil dan Qabil kemudian senantiasa menganjurkan keturunannya untuk meminum susu kambing.

 2. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim adalah seorang peternak kambing yang luar biasa. Ia memiliki 12,000 ekor anjing yang menjaga kambing-kambingnya. Bisa dibayangkan jika yang digunakan untuk menjaga kambing saja sebanyak 12.000 anjing. Bisa jadi kambing yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim sebanyak 10 atau 20 kali lipat dari jumlah anjingnya. Nabi Ibrahim dalam beberapa riwayat telah melakukan sedekah (kambing) kepada orang-orang yang membutuhkan. Dalam catatan sejarah Islam, beliau adalah orang yang memberikan sedekah terbesar.

3. Nabi Isa

Nabi Isa juga peternak kambing yang sangat baik. Ia mengikuti tradisi yang dikembangkan oleh keturunannya, yaitu mengkonsumsi susu kambing untuk minuman sehari-hari. Susu kambing yang digunakan sebagai minuman sehari-hari ini terbukti bisa membuat bangsa Yahudi dikenal sangat cerdik dan pintar. Ada sebagian yang berpendapat bahwa ini disebabkan oleh bangsa Yahudi semenjak dahulu hingga sekarang mengkonsumsi susu kambing.

4. Nabi Muhammad SAW

Rasulullah sebagai nabi akhir zaman juga mengkonsumsi susu kambing. Beliau juga menganjurkan kepada umatnya untuk meminum susu kambing. Menurut riwayat dari Abdullah bin Mas’ud pada saat masih remaja dan masih menggembala kambing milik Uqbah Mu’aith, ia melihat kebiasaan Rasulullah.  Di antara kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah adalah meminum susu kambing segar yang telah diperah dari kambing betina.

Menurut riwayat, pada saat Isro’ dan Mi’roj,  Nabi Muhammad SAW diberikan suguhan 3 jenis minuman oleh Jibril yaitu arak, madu dan Susu Kambing. Dari ketiga minuman itu, baginda Rasulullah memilih susu kambing. Susu kambing memang susu yang terbaik di dunia selepas susu ibu.

5. Dinasti China dan India

Pada masa kejayaan China raja-raja yang berkuasa dan masyarakatnya juga mengkonsumsi susu kambing. Semenjak 2,500 tahun yang lalu puteri-puteri raja China meminum susu kambing dan berendam menggunakan dalam susu kambing. Sementara  masyarakat India dan penganut agama Hindu di sana juga sehari-hari minum susu kambing. Tujuan meminum susu kambing bagi mereka adalah untuk meningkatkan daya ingat dan meningkatkan ketahanan tubuh.

6. Cleopatra & Mahatma Gandhi

Siapakah yang tidak kenal dengan kecantikan dan keelokan Cleopatra? Seantero jagat pada zaman itu sangat mengetahui keagungan kecantikannya. Bahkan mungkin sampai hari ini, orang masih merujuk pada Cleopatra jika membicarakan kecantikan. Namun apa sebenarnya yang menjadikan kecantikanya tetap terjaga? Tidak lain dan tidak bukan, rupanya Cleopatra membiasakan diri untuk berendam menggunakan susu kambing. Mahatma Gandhi seorang pejuang kemanusiaan dari India juga senantiasa mengawali hari dengan segelas susu kambing yang segar dan meminum segelas susu kambing sebelum tidur.

Lantas bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah meminum susu kambing pagi dan malam hari? Jika masih belum mengkonsumsi susu kambing, maka segeralah mengkonsumsi. Karena orang-orang besar pada zamannya rahasianya adalah susu kambing. Silahkan mencoba. Jika ingin bisnis susu kambing juga peluang yang luar biasa bisa dilakukan. Karena sampai hari ini masih belum banyak yang memulai bisnis warisan para nabi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *