Sejarah Susu Kambing

Jika ditilik dari sejarahnya, susu kambing sebenarnya sudah lama ada. Semenjak ratusan ribu tahun yang lalu Goat’s Milk atau susu kambing sudah sangat familiar di masyarakat tradisional. Beberapa bangsa di dunia telah menggunakan susu kambing sebagai obat dan sekaligus sebagai minuman kesehatan. Misalnya kita bisa tengok di kerajaan Mesir pada ribuan tahun yang lalu. Mesir telah menggunakan susu kambing sebagai bagian dari ritual keagamaan mereka. Mereka menggunakan susu kambing sebagai salah satu syarat wajib sesembahan pada upacara adat.

Siapa yang tidak kenal dengan Ratu Cleopatra yang terkenal keelokan dan kecantikannya seantero jagat ini pada zamannya? Cleopatra ternyata punya rahasia yang sangat alami dalam memelihara dan merawat kecantikannya. Ternyata usut punya usut, Cleopatra menggunakan susu kambing secara rutin untuk mandi dan lulur pada tubuhnya yang indah itu. Bahkan tidak jarang pula Cleopatra merendam tubuhnya dan menikmati berendam berlama-lama pada bak mandi yang telah diberikan susu kambing di dalamnya. Wow Luar biasa sekali ternyata ya.

Itu tadi kisah dari Mesir, Di India juga ada kisah yang menarik yaitu seorang tokoh kemanusiaan yang bernama Mahatma Gandi. Orang yang paling populis dengan slogan AHIMSAnya ini ternyata rutin mengkonsumsi 2 gelas susu kambing setiap harinya. Aktivitasnya yang super padat sebagai aktivis kemanusiaan ternyata butuh asupan tenaga yang luar biasa, Nah Seorang Mahatma Gandi menggunakan susu kambing untuk menopang energinya itu. Luar Biasa bukan?

Dua kisah sejarah susu kambing di atas kiranya memberikan jawaban atas keraguan akan manfaat susu kambing. Inilah yang menjadi titik tolak kebangkitan susu kambing hingga sekarang ini. Jika pada jaman Cleopatra dan Mahatma Gandi belum banyak orang yang menyelidiki akan manfaat dan khasiat susu kambing. Kini jaman sudah modern teknologi semakin mudah untuk menggali potensi dan manfaat susu kambing.

Nah belakangan ini baru terkuak akan beragam manfaat dan khasiat susu kambing. Susu Kambing banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya sampai di situ pengetahuan modern mengungkap susu kambing. Di sisi lain, susu kambing ternyata juga bisa menyembuhkan beragam penyakit. Wow luar biasa sekali ya. Inilah sekilas sejarah susu kambing, mudah-mudahan bisa diambil manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *