Robert T Kiyosaki: Kaya itu Direncanakan, Benarkah?

Setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi kaya, benar bukan? Ya kaya kan tidak harus dimaknai sebagai orang yang bergelimang harta. Kaya kalau menurut saya adalah kaya hati. Yaitu memiliki ketenangan dalam beribadah dan bisa memberikan orang lain dengan tanpa pamrih. Nah walaupun sampai sekarang kaya hati ini masih sekedar impian saja buat saya. Karena masih banyak niatan yang lain ketika menolong orang lain. Apa yang saya pikirkan ini ternyata jauh berbeda dengan apa yang sebenarnya digambarkan Oleh Robert T Kiyosaki. Seorang motivator handal yang kaya dengan model invenstasi ini.

Kekayaan ternyata dimulai dari sebuah rencana, begitulah yang pernah saya baca di buku Guide To Investing oleh pak Robert T Kyosaki. Katanya pak Robert lebih kurang seperti ini : untuk menjadi seorang investor kaya, anda mutlak mempunyai rencana, terfokus dan bermain untuk menang. Mereka yang tergolong investor rata-rata atau investor kebanyakan sering kali melakukan investasi karena tips-tips panas atau teriming-iming penawaran bombastis lalu berinvestasi di sana dan loncat-loncat ke instrument yang katanya investasi padahal sebenarnya bukan, kemudian pindah lagi ke bisnis lain, lalu mulai bisnis sendiri, loncat lagi, dan seterusnya, ngga fokus gitu. Sekali waktu boleh deh berinvestasi atas bisikan orang-orang dekat Anda ya, hanya saja rasanya Anda tak layak berharap untuk kaya raya selamanya hanya dengan informasi model itu. Milikilah sebuah rencana yang sangat jelas untuk investasi Anda, itu yang akan mengawali kekayaan masa depan Anda, itu kata pak Robert lagi. Mungkin Anda pernah menganggap sesuatu itu sebagai investasi padahal sebenarnya tak lebih dari arisan berantai? Kalau ternyata itu maka hasilnya mungkin malah merusak persaudaraan dan bukannya akan jadi kaya.

Mungkin kalau menurut saya investasi yang paling nyata adalah dalam bentuk menulis yang bisa bermanfaat buat orang lain bisa dalam bentuk inspirasi bisnis, motivasi bisnis, pengetahuan umum ataupun yang lainnya dech yang penting bisa bermanfaat buat orang lain. Menulis cara berbisnis online juga tidak masalah kok. yang penting investasi pengetahuan. heheh.

Selain belajar dari buku pak Robert, saya juga belajar dari sebuah ebook tentang Resep Mengelola Keuangan Pribadi. Kiranya Anda telah membuat rencana yang baik hari ini serta juga rencana investasi jangka panjang untuk masa depan Anda dan keluarga. Amiiinn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *