Perbandingan Susu Sapi dan Susu Kambing

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing sebenarnya memiliki banyak kelebihan lho. Kebanyakan orang memang mengkonsumsi susu sapi malah menimbulkan alergi. Namun jika anda mengkonsumsi susu kambing malah sebaliknya. Susu Kambing mampu menyembuhkan alergi yang disebabkan oleh konsumsi susu sapi formula ataupun makanan lainnya. Maka dari itu bagi anda yang alergi sangat dianjurkan untuk meminum susu kambing.

Sebagian orang ketika mengkonsumsi susu sapi tubuhnya menolak dan akhirnya berdampak pada alergi, mengalami masalah pada pencernaannya. Adapun dampak dari mengkonsumsi susu sapi pada pencernaan bisa berupa kembung (Dyspepsia), sakit perut (Colic Abdomen), buang-buang air besar (Diarrhea), sampai kepada timbulnya bercak-bercak kemerahan pada kulit (Rash).

Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan sebagian orang memang alergi terhadap kandungan protein susu sapi, namun tetap dipaksakan untuk meminumnya. Selain itu penyebabnya adalah system pencernaan tidak mampu mencerna kandungan gula pada susu sapi yang memiliki kadar yang sangat tinggi.

Nah sekarang kita akan membahas terkait dengan kandungan susu kambing. Protein susu kambing dari berbagai penelitian menyebutkan setara dengan protein ASI yang diminum oleh seorang bayi. Susu kambing memiliki Beta-Casein yang setara dengan ASI. Sementara itu susu sapi proteinnya banyak mengandung Alpha S-1 Casein. Alpha S-1 Casein inilah yang menyebabkan alergi pada anak-akan dan bayi yang mengkonsumsinya. Berbagai penelitian yang dilakukan berulang-ulang memberikan kesimpulan bahwa Alpha S-1 Casein ternyata tidak terdapat dalam susu kambing.

Protein Susu Kambing membantu menyeimbangkan komposisi asam dan basa pada lambung. Dengan demikian susu kambing sangat aman dikonsumsi dan bahkan bisa membantu dalam penyembuhan penyakit maag (Gastritis) maupun penyakit asma. Keunggulan susu kambing yang lainnya adalah kandungan Proteinnya jika bereaksi dengan asam lambung dalam pencernaan, maka akan lebih mudah dicerna ketimbang protein susu sapi.

Inilah saya kira alasan yang paling kuat untuk memberikan susu kambing untuk anak-anak yang sering “gumoh” atau muntah-muntah atau dalam istilah kesehatan disebut sebagai “ Gastroesophageal Reflux” (GER).

Kandungan dalam Susu kambing berupa vitamin seperti A, niacin dan riboflavin. Selain itu susu kambing juga sangat kaya akan mineral Kalsium, Kalium, Magnesium, Phosphor, Khlor dan Mangan. Nah jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki rendah besi, belerang, narium, seng dan molybdenum. Hebatan susu kambing kan ketimbang dengan susu sapi?

Yuuk Beralih ke susu kambing sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *