Pemimpin yang Baik Adalah Pelayan yang Hebat

Eugene B. Habecker pernah menyampaikan bahwa calon pemimpin yang hebat adalah orang yang bisa melayani dengan baik orang-orang yang berada di sekelilingnya. Tidak terlalu gila akan popularitas dan politik pencitraan atas perbuatannya. Pemimpin itu sejatinya adalah orang yang senantiasa memiliki kepedulian terhadap orang-orang yang berada di sekeliling kita.

Memang benar apa yang dikatakan oleh Eugene B. Habecker di atas. Pememimpin memang tidak sekedar bisa memerintahkan anak untuk mengerjakan tentang kegiatan atau program tertentu. Kepemimpinan memang seni dalam memberikan pelayanan kepada orang yang kita pimpin. Jadi salah besar jika pemimpin senantiasa meminta pelayanan kepada yang dipimpin. Pemimpin yang sampai hari ini memiliki banyak pengikut tidak lain adalah pemimpin yang pandai dalam melayani.

Jadilah pelopor dalam berbagai hal. Dengan cara senantiasa membuat sesuatu yang inovatif, kreatif dan segar. Dengarlah apa yang menjadi keluhan karyawan dan bawahan anda. Berikan motivasi kepada karyawan anda agar bisa bangkin lebih baik untuk memperbaiki kinerja mereka.  Fokus dalam menyelisaikan berbagai masalah adalah kunci terbaik untuk melayani kemauan mereka.

Jadi jika anda pingin menjadi pemimpin yang paling tinggi, maka layanilah orang-orang yang paling rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *