Mengenal Kelenjar Dalam Tubuh Dan Fungsinya

Mengenal Kelenjar Dalam Tubuh Dan FungsinyaKelenjar adalah salah satu organ yang berada dalam tubuh. Kelenjar memiliki fungsi untuk mensintesa zat dan dikeluarkan ke organ lain baik keluar tubuh maupun dalam tubuh. Kelenjar memiliki banyak jenis dan fungsinya amat penting. Jika ada kerusakan pada kelenjar maka metabolisme tubuh akan langsung terganggu.

Berikut adalah beberapa kelenjar dalam tubuh yang patut anda ketahui

kelenjar dalam tubuhKelenjar Andernal. Letaknya berada diantara dua ginjal di buah panggul dan memiliki bebeapa fungsi antara lain menambah hormon seksual, menambah kadar gula dalam darah dan juga menstimulasi persediaan glukosa pada tubuh.

  • Kelenjar Teroid. Berfungsi sebagai pengatur metabolisme, kelenjar teroid terletak di tenggorokan dan berbentuk menyerupai kupu-kupu. Jika produksi kelenjar teroid berlebih maka akan membuat nafsu makan bertambah tapi badan menjadi kurus dan mata melotot. Tapi jika kurang maka bisa mengakibatkan gondok.
  • Kelenjar Parateroid. Berfungsi untuk mengatur zat kapur dalam tubuh terutama pada tulang. Letaknya berdampingan dengan kelenjar teroid.
  • Kelenjar Pankreas.Memiliki tugas untuk mentralisir asam dalam lambung. Enzim pankreas menghasilkan tiga macam enzim yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Pankreas juga memproduksi glukosa dan insulin.
  • Kelenjar Prostat. Berfungsi juga sebagai kantong sperma pada pria, letaknya ada dibawah kantung kemih.
  • Kelenjar Getah Bening. Biasa juga disebut dengan nama limpa. Kelenjar getah bening memiliki peran penting untuk mengatur sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Selain juga sebagai antibodi karena bisa mengeluarkan antibiotik alami untuk melawan infeksi yang masuk dalam tubuh. Fungsi lainnya adalah untuk memberi makanan kepada sel darah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang beberapa jenis kelenjar yang ada dalam tubuh kita berikut dengan letak dan fungsinya. Semakin kita mengenal organ dalam tubuh dan perannya untuk kesehatan, akan membuat kita semakin peduli untuk menjaga kondisi tubuh supaya terhindar dari sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *