Mengapa Tubuh Manusia Butuh Protein dan Asam Amino?

Ini adalah pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita. Untuk apa sih sebenarnya tubuh kita memerlukan protein? Protein jika dilihat dari senyawa kimianya, ia memiliki kesamaan dengan putih telur. Fungsi protein bagi tubuh adalah sebagai bahan baku penting untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan manusia.

Kandungan protein dalam tubuh manusia 90% dari jumlah berat adalah darah kering, 80% berat otot dan 70% berat kulit adalah protein. Protein merupakan senyawa bahan dasar pembentukan enzim, hormon dan anti-bodi (=immunoglobulin). Selain itu protein juga berfungsi sebagai dasar dari otot, kulit, tulang, rambut, jantung, gigi, darah, dan otak.

Jika manusia mengalami kekurangan protein dalam tubuhnya maka akan terjadi peningkatan asam dan basa pada darah maupun jaringan. Selain itu kekurangan protein pada tubuh akan berakibat pertumbuhan pada anak akan terhambat. Sementara kekurangan protein bagi orang dewasa akan menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan, depresi, dan luka yang sulit sembuh. Selain itu juga akan mengakibatkan ketahanan tubuh menajdi menurun.

Dalam tubuh manusia, ada sekitar 22 jenis asam amino, 8 diantaranya tergolong esensial (tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia) oleh sebab itu perlu mendapat dari luar melalui makanan yang kita makan.

Asam amino yang mengandung unsur belerang methionine, cystine, dan cysteine, penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf. Asam amino cysteine, sering mengalami penguraian dan merupakan asam amino antikatabolik (katabolik=menguraikan)

Di dalam kepentingan klinik, pemberian cystine dan asam amino lainnya memiliki manfaat besar untuk membangun/membentuk sel darah yang bermutu dan juga sebagai penawar racun bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian 20 mg cysteine setiap hari membuat seseorang memiliki ketahanan tubuh yang lebih pada saat melakukan latihan fisik.

Kandungan senyawa gizi di atas merupakan jumlah kandungan gizi yang tepat dibutuhkan oleh manusia normal. Kebutuhan yang lebih tinggi sering diberikan pada penderita penyakit sesuai kebutuhan pemulihannya. Kandungan tersebut diatas secara penelitian terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan “Otak”

Nah dalam rangka memenuhi kebutuhan protein dan asam amino itu, manusia membutuhkan makanan dan nutrisi tambahan. Biasanya mereka menambah kebutuhan itu dengan mengkonsumsi susu. Sayangnya kebanyakan dari manusia belum tahu tetang kehebatan susu kambing. Keunggulan susu kambing higoat tentunya memiliki kandungan protein dan asam amino yang tinggi dan cocok untuk semua umur dan manusia.

Demikian share sedikit tentang fungsi dan khasiat protein dan asam amino. Semoga bermanfaat buat anda dan orang-orang di sekeliling anda.

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *