Membuat Keju dengan Susu Kambing Higoat

Produk Susu Kambing Higoat

Perbedaan susu kambing dan susu sapi telah banyak kami ulas dalam tulisan sebelum-sebelumnya. Namun perlu diingat kembali bahwa susu kambing memiliki khasiat yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing memiliki mata rantai asam lemak seperti caproic, kaprilat dan asam kaprat. Mata rantai ini memberikan kontribusi rasa asam pada karakteristik keju susu kambing.

Seperti telah mafhum diketahui, bahwa Susu kambing telah banyak dikonsumsi oleh anak-anak muda, orang tua, terlebih penderita sakit tertentu, atau yang memiliki toleransi yang rendah terhadap susu sapi. Susu kambing lebih mirip dengan ASI dibandingkan dengan sapi itu. Meskipun Susu sapi sudah sangat populer, susu kambing dan keju kambing sebenarnya lebih banyak disukai di banyak Negara di dunia.

Keju kambing biasanya dibuat di daerah yang memiliki cuaca dingin. Biasanya keju dicampurkan  dengan garam untuk mencegah pembusukan. Akibatnya, garam telah menjadi bercampur dengan rasa keju kambing. Dengan demikian keju akan berasa asin.

Pada dasarnya penggunaan keju kambing telah dilakukan semenjak ribuan tahun yang lalu. Bisa jadi ini adalah awal pembuatan keju dengan menggunakan susu. Dengan cara yang paling sederhana, keju kambing dibuat dengan membiarkan susu mentah secara alami mengental, dan kemudian dilakukan pengeringan. Teknik lainnya adalah menggunakan asam (seperti cuka atau jus lemon) atau rennet untuk mengentalkan susu.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *