Khasiat Susu Kambing Rasakan Manfaat Luar Biasa Susu Kambing Higoat

Kelebihan Susu Kambing

Pemanfaatan susu kambing sebagai obat herbal alami untuk berbagai penyakit sudah banyak ditemukan semenjak ribuan tahun yang lalu. Beberapa orang terkenal seperti ratu Cleopatra telah menggunakan susu kambing untuk merawat kecantikannya. Mahatma Gandi seorang tokoh perdamaian dari India Juga mengkonsumsi 2 kali sehari untuk stamina dan kesehatannya.

Susu Kambing Higoat originalBerbagai penelitian yang pernah dilakukan juga telah membuktikan akan khasiat dan manfaat mengkonsumsi susu kambing. Selain bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, susu kambing juga memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan yang ada dalam susu kambing berupa vitamin A, Niacin dan Riboflavin. Selain itu susu kambing juga sangat kaya akan kandungan mineral Kalsium, Kalium, Magnesium, Phosphor, Khlor dan Mangan. Inilah kelebihan susu kambing jika dibandingkan dengan susu sapi. kelebihan yang lain adalah susu kambing memiliki rendah besi, belerang, narium, seng dan molybdenum, jika dibandingkan dengan susu sapi.

Baca: Perbandingan Susu Sapi dan Susu Kambing

Selain itu, susu kambing tidak menimbulkan efek samping yang negatif yang merugikan bagi yang mengkonsumsinya. Malahan susu kambing memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan susu sapi. Hasil penelitian justru merekomendasikan agar menggunakan susu kambing bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.

Adapun alergi susu sapi disebabkan karena susu sapi mengandung senyawa alergen (beta-lactoglobulin) yang sering dapat memicu reaksi alergi pada tubuh dalam bentuk, asthma paru-paru, saluran pernafasan tersumbat, Infeksi radang telinga yang menahun, Eksim (jamur), alergi pada kulit dalam bentuk gatal-gatal, dan Gangguan pencernaan.

Kelebihan susu kambing adalah rendah laktosa sehingga susu kambing memiliki khasiat dan manfaat untuk menopang kekurangan gizi yang terjadi pada anak. Terlebih yang alergi terhadap susu sapi. untuk orang dewasa, susu sapi sangat baik digunakan untuk membantu penyembuhan seusai sakit.

Kandungan Nutrisi Susu Kambing

Informasi Nilai Gizi
 Air  3.6%
 Karbohidrat  74.29%
 Energi/100 gr  360.6
 Protein  7.63
 Lemak  4.5%
 Ca (mg)  129
 P (mg)  106
 Fe (mg)  0.05
 Vit A (mg)  1853
 Thiamin (mg)  0.04
 Rhiboflamin  0.14
 Niacin (mg)  0.3
 Vit B 12 (mg)  0.07

 Selain hal di atas, susu kambing juga memiliki beberapa kandungan lain yang jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan susu sapi.  Untuk protein dalam susu kambing sebesar 2,1 kali susu sapi, sedangkan kandungan (potassium, sodium dan besi) sebesar 2 kali susu sapi.

Kandungan kalsium 3,8 kali susu sapi. Selain itu susu kambing juga banyak mengandung vitamin dan mineral alami, kandungan lemak emulsion, acid nitronik yang tinggi, 9 amino acid essential yang tidak bisa di sintesa tubuh manusia dan yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi.

Satu kandungan yang sangat istimwa adalah struktur kimiawinya mendekati air susu ibu (ASI). Yang paling akhir adalah memiliki elemen protein yang lebih haus dibandingkan dengan susu sapi, sehingga mudah diserap usus hanya perlu waktu 20 menit. (susu sapi butuh waktu 120 menit).

Baca: Jika Alergi Susu Sapi, Silahkan Konsumsi Susu Kambing Higoat

Manfaat Utama Susu Kambing Higoat:

  1. Mengatasi masalah Asam Lambung dan membantu penderita Maag karena bersifat alkali, sedangkan Susu Sapi tidak cocok karena bersifat Asam.
  2. Rendah kolesterol, kadar laktosa 41% lebih rendah daripada ASI sehingga lebih sesuai untuk bayi.
  3. Mengatasi masalah Alergi, Asthma,Gangguan Lever, Asam Urat dan Rematik.
  4. Sangat cocok untuk kaum ibu yang pernah melahirkan anak dan menopause, Baik untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, yang tidak pernah minum ASI.
  5. Acid Nikotnik dapat: Memperbaiki sistem paru-paru, pernafasan, peredaran darah, Menghaluskan kulit, mencegah bau mulut.
  6. Meningkatkan HB bagi penderita kurang darah.
  7. Mudah dicerna. Karena susu kambing memiliki asam lemak yang lebih pendek ketimbang susu sapi.
  8. Mudah diserap usus, hal ini dikarenakan molekul protein yang berada di dalam susu kambing sangat tipis. Sehingga usus hanya membutuhkan waktu 20 menit saja, sementara susu sapi memerlukan waktu 2 jam untuk bisa diserap oleh usus.
  9. Mampu menghambat tumbuhnya jamur. Asam kaprik yang pendek dan asam kaprilik yang tinggi menjadikan jamur candida tidak mau tumbuh.
  10. Susu kambing tidak mengandung agglutinin, yaitu senyawa yang membuat molekul lemak menggumpal seperti yang terjadi di dalam susu sapi.
  11. Baik dikonsumsi untuk anak. Karena susu kambing banyak mengandung Vitamin A, B, dan D yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.
  12. Selain manfaat dan kelebihan susu kambing yang telah kami sebutkan di atas, susu kambing juga memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah bisa mengobati TBC, membantu mengatasi berbagai macam alergi, membantu menaikkan berat badan, membantu meringankan asma dan gangguan saluran pencernaan, membantu mengatasi rematik dan mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis), membantu meningkatkan vitalitas pria dan wanita membantu menjaga kesehatan.

Manfaat Susu Kambing yang lain

  1. Mengatasi gangguan asam lambung, maag, alergi, asthma, liver, asam urat dan reumatik
  2. Mencegah Osteoporosis
  3. Meningkatkan HB bagi penderita kurang darah
  4. Memperbaiki sistim pernafasan, paru-paru, peredaran darah.
  5. Mengatasi penyakit kudis, menghaluskan kulit
  6. Makanan untuk tumbuh kembang anak
  7. Mencerdaskan otak
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh penderita TBC & terhadap berbagai penyakit infeksi
  9. Mencegah impotensi

Khasiat Susu Kambing:

  1.  Membantu mengatasi rematik dan mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis)
  2. Membantu mengatasi berbagai macam alergi
  3. Membantu meningkatkan vitalitas pria dan wanita membantu menjaga kesehatan
  4. Membantu meringankan asma dan gangguan saluran pencernaan

Demikianlah sedikit ulasan mengenai khasiat, manfaat dan keunggulan susu kambing. mudah-mudahan bisa bermanfaat buat pembaca.

salam sehat

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.