Khasiat Susu Kambing Higoat

Sakit darah tinggi menjadikan kebanyakan orang tidak mau makan daging kambing. Iya bukan? Namun benarkah darah tinggi itu ketika memakan daging kambing lantas darahnya menjadi semakin tinggi? Sebagian orang melogikankan bahwa daging kambing panas, sehingga berdampak pada menaiknya tensi darah pada tubuh kita. Namun sebagaian orang yang lain malah menolak pendapat ini. Mereka beranggapan bahwa daging kambing tidak ada pengaruhnya terhadap tensi darah.

Terlepas dari pro dan kontra di atas. Faktanya kambing memiliki khasiat yang luar biasa. Baik dengan mengkonsumsi dagingnya ataupun dagingnya. Bahkan ada yang beranggapan bahwa hanya dengan menggembalakan kambing bisa mengobati berbagai penyakit. Istilah ini trend dengan sebutan terapi kambing.

Adapun khasiat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi susu kambing higoat, adalah sebagai berikut

Susu Kambing Higoat mudah dicerna oleh tubuh.

Susu kambing higoat memiliki molekul lemak dan protein yang halus, lembut, serta mudah di cerna bila dibandingkan susu sapi. Struktur yang seperti inni sangat baik bila digunakan untuk diet bayi. Sedangkan bagi orang dewasa sangat cocok bagi mempunyai masalah pencernaan.

Molekul lemak yang sangat halus dan bersifat menetralisir asam dalam tubuh, menjadikan susu kambing higoat baik untuk perawatan pasien yang bermasalah ususnya dan juga baik bagi penderita asam lambung (maag). Berbeda dengan susu sapi yang membutuhkan waktu 2-3 jam dicerna dalam tubuh. Susu kambing hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Susu Kambing Higoat Memiliki Toleransi terhadap Laktosa

laktosa yang terdapat dalam susu kambing higoat menjadikan susu ini mudah dicerna oleh usus halus. Kandungan laktosa yang ada di dalam susu kambing higoat sebesar 7% lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Laktosa yang ringan menyebabkan tubuh kita mudah menyerap dan tidak meyebabkan diare. Susu kambing higoat sangat baik digunakan untuk anak-anak yang punya masalah dengan susu kedelai maupun susu sapi.

Susu Kambing Higoat Bersifat Alkaline (Alkaline Food)
Kandungan (L-Glutamine) dan asam Amino yang terdapat dalam susu kambing higoat berfungsi sebagai penetralisir keasaman tubuh menjadi ALKALINE (Alkanizing Amino Acid). Kondisi inilah yang tidak menyebabkan asam (acid) dalam darah dan usus. Kandungan Asam yang sangat berlebihan dalam darah bisa berdampak pada beberapa gejala, diantaranya adalah:

  1. Tubuh Mudah Lelah,
  2. Sering merasa Sakit Kepala,
  3. Nyeri Otot sendi
  4. Berat Badan naik drastis
  5. Gula Darah semakin tidak terkontrol (Potensi Diabetes)
  6. Sering mengalami Tekanan darah Tinggi
  7. Jika terdapat bakteri yang masuk ke usus, maka akan semakin mudah berkembangbiak dan parasit, sehingga memakan sari-sari makanan yang ada di dalam tubuh kita.
  8. Keasaman dalam tubuh juga semakin memberikan peluang lebih besar pada serangan kanker pada tubuh.

Susu Kambing Higoat Mengandung Asam Lemak yang Bermanfaat bagi tubuh

Susu kambing memiliki kandungan asam lemak (Asam Kaprik, dan Kaprilik / MTC) yang di kenal di dalam ilmu kesehatan memiliki beberapa kegunaan, yaitu:

  1. Asam Lemak dapat Mencegah pertumbuhan Infeksi Jamur Candida (Inhibits Candida infection)
  2. Asam lemak dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh (Immune)
  3. Asam Lemak bisa Meningkatkan Tenaga (Energy enhancing)
  4. Asam Lemak bisa Meminimalkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh arteri
  5. Asam Lemak bisa Membantu melarutkan kolesterol dan batu empedu
  6. Asam lemak Secara signifikan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan normal bayi.

Susu Kambing Higoat Tidak Membentuk Lendir (Mucus)

Susu kambing higoat baik dikonsumsi oleh penderita asma. Karena susu kambing higoat tidak menyebabkan lendir (mucus). Asma biasanya banyak ditemukan pada anak-anak yang mengkonsumsi susu sapi, karena susu sapi mengakibatkan lender (mucus) yang menyebabkan alergi pernapasan dan dampak buruknya adalah penyakit asma.

Susu Kambing higoat memiliki banyak Mineral Selenium

Kandungan Mineral Selenium dalam susu kambing higoat akan membantu sistem kekebalan sel tubuh kita. Selain itu juga menjadi Anti Oksidan bagi tubuh. Selain itu Selenium juga akan menangkal sekaligus melawan virus yang masuk ke tubuh secara alami. Bahkan mencegah virus untuk berkembangbiak (Prevents replication of viruses)

Susu Kambing Higoat Mengandung Vitamin A tidak dalam Bentuk Karoten

Kelebihan susu kambing higoat dibandingkan dengan Susu sapi adalah kandungan Vitamin A. Susu sapi juga mengandung Vitamin A namun keberadaannya sering dalam bentuk Karoten. Karoten ini akan memberatkan tubuh, karena tubuh harus mengkonversi dahulu karoten itu agar bisa menjadi vitamin A.

Nah sekarang sudah tahu kan khasiat susu kambing higoat? Jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi susu kambing. Pemahaman bahwa susu kambing tidak baik bagi penderita darah tinggi itu hanyalah mitos, karena telah terbukti secara klinis bahwa susu kambing tidak menyebabkan darah tinggi. Oya bagi yang suka mengkonsumsi daging kambing silahkan dilanjut saja, apalagi yang dikonsumsi kambing muda. Pasti rasanya mantab sekali. Heheh

Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *