Kelebihan Susu Kambing dengan Susu Sapi dan Lainnya

Susu kambing mungkin agak asing di telinga kita. Karena keseharian kita sangat akrab dengan susu sapi. Anak-anak kita kesehariannya tidak pernah lepas dari mengkonsumsi susu sapi dengan berbagai merek. Hal itu sangat wajar, karena pemahaman kita selama ini yang namanya susu ya susu sapi. Keberadaan susu kambing memang agak asing di telinga kita.

Beberapa orang kini mulai beralih ke susu kambing. Menurut beberapa penelitian, ternyata susu kambing lebih banyak khasiatnya jika dibandingkan dengan susu sapi. Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan susu kambing higoat. Berikut kandungan senyawa pada susu kambing, kelebihan susu kambing jika dibandingkan dengan yang lainnya.

1. Susu Kambing Membantu Pembentukan Sel Darah, Sel Otak dan Penangkal Racun

Dalam susu kambing terdapat kandungan Kalium, Natrium, dan Iron dua kali lipat jika dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, kandungan vitamin A, C, Riboplavin, B6, B12, Mineral dan Nisain dalam susu kambing juga lebih unggul jika dibandingkan dengan susu sapi. Dalam susu kambing juga terdapat 8 Asam Amino Essential yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Dengan demikian susu kambing sangat cocok bagi penderita kekurangan darah, kelainan sel darah merah, gangguan hati dan asam urat.

2. Susu Kambing Secara kimia Mirip dengan ASI (Air Susu Ibu)

Dalam susu kambing terkandung Beta Casein. Beta Casein adalah kandungan protein yang paling utama. Keberadaan Beta casein susu kambing dua kali lebih banyak ketimbang susu sapi. Beta casein ini adalah zat kimia yang sangat dibutuhkan oleh bayi guna membantu pertumbuhannya. Selain itu juga menambah stamina untuk orang-orang yang banyak kesibukan. Maka dari itu susu kambing sangat cocok dikonsumsi oleh bayi.

3. Susu Kambing Bisa Menguatkan Tulang dan Memadatkan Masa Tulang Kita

Dalam susu kambing terdapat kandungan kalsium empat kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing bisa memberikan sumbangan 27% fosfor dari kebutuhan tubuh kita setiap harinya. Selain itu, susu kambing juga cocok untuk wanita yang sedang hamil, pasca melahirkan dan wanita yang sedang mengalami manupouse. Selain itu juga cocok untuk penderita osteoporosis dan penderita radang sendi. Karena di dalam susu kambing banyak terkandung zat besi yang bisa membantu menyuplai kebutuhan tubuh kita.

4. Susu Kambing Sangat Mudah Dicerna karena Bersifat Alkaline/Basa

Jika kita bandingkan dengan susu sapi atau susu yang lainnya, susu kambing memiliki asam lemak dalam rantai yang pendek. Selain itu juga ukuran molekulnya lebih halus dan memiliki PH yang tinggi. Dengan demikian, susu kambing bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan gangguan perut seperti masuk angin, sakit mah, sembelit, kurang serat, dan gangguan pencernaan lainnya. Sedangkan susu sapi yang biasa kita konsumsi banyak BERSIFAT ASAM/ACID, sehingga lebih banyak menyebabkan gangguan pencernaan.

 5. Susu Kambing Bisa Mempercepat Pembakaran Lemak dalam Tubuh

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam (American Journal of Clinical Nutrition) Susu kambing memiliki kolesterol yang rendah. Selain itu juga kadar laktosa lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi sekitar 13%. Sedangkan jika dibandingkan dengan ASI, susu kambing lebih rendah sebesar 41%.

6. Susu Kambing bisa Menyehatkan Saluran Pernafasan dan Menghaluskan Kulit

Keberadaan Asam Nikotnik dalam susu kambing berguna untuk membantu sistem peredaran darah, Sistem Paru-paru, mencegah bau mulut, Asma Kronis, Bronchitis dan penyakit TBC.

7. Susu Kambing Lebih Aman Dikonsumsi Semua Umur yang Alergi dengan Susu Sapi

Di dalam senyawa susu kambing tidak mengandung Alergen (beta-lactoglobulin) seperti dalam senyawa susu lainnya. Dengan demikian, susu kambing cocok digunakan sebagai makanan pengganti untuk bayi, anak-anak dan orang dewasa yang alergi  Sehingga sangat cocok sebagai makanan pengganti untuk bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Terlebih buat orang-orang yang alergi terhadap susu sapi atau makanan yang lainnya.

Maka dari itu, jika anda memiliki keluhan tentang pernapasan, asam urat, darah tinggi, osteoporosis, alergi terhadap susu sapi, maka segeralah berpindah ke susu kambing. Mari berpindah dari susu sapi ke susu kambing yang kaya akan protein dan sangat aman bagi tubuh. Karena di dalam susu kambing higoat terdapat banyak keunggulan dan manfaatnya.

Disarikan dari berbagai sumber

3 Comments




  1. What’s up, yes this post is truly good and I have learned lot of things from it concerning blogging. thanks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *