Kandungan Spirulina dalam Susu Kambing Higoat dan Manfaatnya

Spirulina adalah tumbuhan yang hidup di air mikroalga (Cyanobacteria). Secara fisik spirulina berbentuk spiral. Termasuk tumbuhan bersel satu yang telah ada sejak 3.5 milyar tahun yang lalu. Suku Aztec kuno di Mexico sejak 5 abad yang lalu telah mengkonsumsi spirulina sebagai pengobatan dan tambahan nutrisi. Di dunia ini terdapat ± 2000 jenis Spirulina.  Beragam penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa spirulina terbaik berasal dari species platensis. Species ini adalah spirulina yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

Kandungan yang terdapat dalam spirulina amatlah banyak. Berikut kami sajikan beberapa kandungan dan fungsinya bagi tubuh kita.

  1. Membantu pembentukan sel darah merah. Kandungan Spirulina yang lain adalah klorofil, Vitamin B 12, Asam folat dan zat besi yang duperlukan untuk pembentukan darah merah.
  2. Daya tahan tubuh meningkat. Spirulina mengandung polysacarida, phycocianin dan klorofil yang membantu meningkatkan aktivitas unsur-unsur antibodi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit, sehingga tubuh memiliki daya tahan yang lebih kuat.
  3. Superfood. Spirulina memiliki zat gizi yang tinggi, yaitu mengandung Asam lemak esensial, Vitamin, mineral, 60% protein nabati, Vitamin B kompleks, dan pigmen alami. Zat gizi dalam spirulina berguna untuk melengkapi kecukupan gizi yang diperlukan oleh manusia setiap hari
  4. Bisa mengeluarkan racun (Detoksifikasi). Kandungan klorofil yang berada dalam Spirulina akan bekerja membersihkan dan membuang toksin (racun) yang berasal dari bahan obat-obatan, pengawet makanan, cemaran air dan bahan-bahan kimiawi yang menumpuk di dalam darah. Klorofil dalam spirulina juga berguna untuk mengurangi aroma tubuh yang tidak sedap.
  5. Memperbaiki sistem pencernaan. Spirulina memiliki Protein Efficiency Ratio yang sangat tinggi, sehingga lebih cepat diserap tubuh. Dinding sel nya terbuat dari protein, polysacarida dan enzyme serta tidak memiliki selulosa sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.
  6. Pencegah kanker. Spirulina mengandung Antioksidan seperti Vitamin E, enzyme SOD, Selenium, yang dapat memperkecil resiko kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Phytonutrien dalam Spirulina (betakaroten, klorofil, xanthofil, phyocianin) merupakan anti kanker alami.

Paling tidak itulah yang menjadi keunggulan dari spirulina. Mungkin masih banyak lagi keunggulan, manfaat dan khasiat dari spirulina. Walaupun sedikit yang telah disampaikan mudah-mudahan menjadi informasi yang sangat bermanfaat buat anda semuanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *