Kandungan Nutrisi Susu Kambing Higoat Berbanding Lurus Dengan ASI Lho

Masihkah anda ragu untuk mengkonsumsi susu kambing? Jika masih ragu ada baiknya memang anda harus membaca artikel ini. Perlu diketahui sejatinya nutrisi susu kambing itu sama dengan ASI.

Sebuah Penelitian terbaru yang dilakukan di Negara Spanyol memberikan simpulan bahwa susu kambing memiliki nutrisi yang sama dengan ASI.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi University of Granada dan Institut Gizi dan Teknologi Pangan berkoordinasi yang berkoordinasi dengan Prof. Margarita Sanchez Campos memberikan simpulan dan membuktikan bahwa susu kambing memiliki fungsi dan manfaat yang sama dengan ASI. Baik secara manfaat maupun secara kandungan nutrisi yang di dalamnya. Ini adalah penelitian yang luar biasa dan memberikan gambaran yang berbeda tentang pemahaman masyarakat Indonesia pada saat ini yang sedang gandrung dengan susu sapi. Kiranya penelitian ini bisa dijadikan rujukan atau sekedar untuk membalikkan pemahaman tentang manfaat susu kambing yang jauh lebih baik ketimbang susu sapi.

Dari penelitian itu menyebutkan bahwa beberapa penderita anemia yang secara rutin meminum susu kambing bisa pulih dengan segera. Selain itu penelitian itu juga mengungkapkan bahwa Susu kambing bisa menyuplai kekurangan zat besi pada tubuh, selain itu juga bisa meningkatkan regenerasi hemoglobin. Kandungan nutrisi dalam Susu kambing memiliki peran sebagai kasein, inilah yang memiliki kemiripan dengan susu manusia (ASI). Keunggulan susu kambing adalah kandungan alpha kasein 1 sangat minim.  Alpha kasein 1 adalah senyawa yang bertugas untuk menanggulangi alergi pada tubuh. Dengan demikian, susu kambing bisa dogolongkan pada HA atau hypoallergenic.

Inilah alasan mengapa beberapa Negara maju mengembangkan formulasi susu balita menggunakan susu kambing. Kandungan susu kambing yang lain adalah oligosakarida yang komposisinya sama dengan susu manusia (ASI). Senyawa ini di dalam usus besar dan bertanggungjawab sebagai prebiotik dengan cara mengembangkan flora probiotik yang bersaing dengan flora bakteri pathogen agar menghilang. Sehingga pencernaan semakin nyaman dan aman dari penyakit.

Keunggulan lain yang ditemukan dari penelitian ini adalah kandungan laktosa susu kambing lebih rendah 1 persen ketimbang susu sapi. Para peneliti menambahkan bahwa susu kambing kaya akan kalsium dan fosfor. Susu ini juga memiliki lebih banyak kandungan seng dan selenium yang berkontribusi penting terhadap pertahanan antioksidan dan untuk pencegahan penyakit neurodegeneratif.

Nah sudah jelas bukan apa yang ada dalam susu kambing? Jika sudah demikian kenapa masih termangu pada susu sapi. Yuuk kita beralih ke susu kambing, karena susu kambing memiliki kelebihan yang luar basa ketimbang susu sapi.

Artikelini disarikan dari metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *