Ini Rahasia Ajaib Khasiat Teh Putih Bagi Kesehatan

Ini Rahasia Ajaib Khasiat Teh Putih Bagi Kesehatan. Sudah diketahui sejak lama jika teh memiliki khasiat bagi kesehatan, selain untuk kenikmatan rasanya. Zat utama dalam teh yang berkhasiat adalah polifenol karena bisa berfungsi sebagai antioksidan. Saat ini banyak sekali ragam teh yang dijual dipasaran, baik dari jenis maupun aromanya.

manfaat teh putih untuk kesehatan

Beberapa jenis teh yang sudah menjadi konsumsi umum adalah teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh chamomile dan juga teh putih. Sebenarnya selain polifenol, teh juga mengandung kafein yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan kesehatan, seperti kopi. Tapi karena kadar kafein dalam teh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kopi, maka meminum teh lebih menyehatkan dibanding minum kopi.

Baca: Berikut Bahaya dan Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Hijau untuk Program Diet

Khusus mengenai teh putih, teh putih adalah teh yang dibuat dari pucuk daun teh yang belum mekar yang belum teroksidasi dan juga belum diawetkan. Pada proses produksinya, teh putih dipetik saat daun teh masih berusia muda untuk kemudian dikukus untuk beberapa waktu kemudian dikeringkan tanpa terlebih dahulu melalui proses fermentasi. Hal inilah yang membuat teh putih memiliki kandungan aktioksidan yang tinggi dibanding jenis teh lainnya. Teh putih juga rasanya lebih ringan dan manis daripada teh hijau.

Baca: Manfaat dan Khasiat Kopi Susu Kambing Spirulina

Dengan kadar antioksidan yang tinggi, teh putih memiliki khasiat seperti

  1. Membantu mencegah kanker. Ini dikarenakan kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol bisa membunuh radikal bebas penyebab kanker.
  2. Mencegah kerusakan tubuh. Kelebihan racun dalam tubuh bisa dinormalkan dengan khasiat teh putih karena adanya polifenol.
  3. Menyehatkan mulut. Selain polifenol, teh putih mengandung tannin. Kombinasi polifenol dan tannin bisa menghambat pertumbuhan bermacam bakteri yang bersemayam di mulut.
  4. Menyehatkan kulit. Paparan sinar ultra violet dari matahari yang diterima kulit sepanjang hari bisa diminimalisir efek negatifnya dengan teh putih. Lagi-lagi peran antioksidan dalam polifenol memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit anda.
  5. Menurunkan resistensi insulin. Bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, minum teh putih adalah pilihan terbaik karena mampu menurunkan kadar resistensi insulin. Teh putih juga mampu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Jika kadar resistensi insulin menurun maka kadar gula dalam darah juga bisa lebih terkontrol.
  6. Mencegah gangguan kardiovaskular. Satu kandungan lagi yang ada dalam teh putih adalah flavonoid. Flavonoid memiliki khasiat untuk memperbaiki fungsi dari endotel dalam sistem kardiovaskular. Flavonoid juga memiliki khasiat lain yakni sebagai penghambat oksidasi dari kolesterol jahat yang biasa mengendap dalam aliran darah.
  7. Menjaga berat badan tetap stabil. Teh putih mengandung sedikit kalori. Jika dipadukan dengan kegiatan olahraga yang tepat akan membantu anda menjaga berat badan tetap ideal.
  8. Mencegah timbulnya infeksi. Lagi-lagi karena mengandung polifenol sebagai antioksidan dan antimikroba, maka tubuh anda akan aman dari serangan virus maupun bakteri penyebab infeksi.

Jadi, sudah mau beralih untuk meminum teh putih sebagai minuman favorit baru anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *