Gizi yang Terkandung pada Susu Kambing Higoat

Susu kambing higoat memiliki gizi lengkap dan baik untuk kesehatan kita. Inilah yang menjadi alasan mengapa orang lebih memilih susu kambing higoat ketimbang susu sapi. Susu Kambing Higoat sangat rendah laktosa, sehingga mengkonsumsi secara berlebihan susu kambing higoat tidak menimbulkan diare. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada susu kambing higoat adalah sebagai berikut:

Susu kambing higoat mengandung protein yang tinggi. Dengan demikian, susu kambing higoat sangat baik dalam rangka membantu pertumbuhan dan pembentukan jaringan sel dalam tubuh. Susu kambing ini merupakan sumber protein yang murah namun memiliki kualitas yang tinggi.

Dalam satu cangkir susu kambing higoat mengandung 8,7 gram protein, sedangkan susu sapi hanya sebesar 8,1 gram. Sementara kandungan protein pada susu kambing higoat sebanyak 22 asam amino. Di dalamnya termasuk 8 asam amino esensial seperti isoleusin, leusin, dan fenilalanin.

Asam amino esensial di dalam tubuh manusia merupakan senyawa yang sangat penting. Karena asam amino esensial membantu dalam membentuk senyawa hormon dan jaringan tubuh. Susu kambing higoat juga sumber mineral kalsium, fosfor, kalium, riboflavin (vitamin B2), dan protein.

Pada usia anak-anak, jika mengkonsumsi susu kambing higoat secara teratur, maka dia akan memiliki tulang yang baik dan padat, kadar hemoglobin semakin meningkat, serta ia tidak akan kekurangan vitamin A, B1, B2 dan B3. Beberapa vitamin ini sangatlah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf.

Asam amino yang terdapat dalam susu kambing higoat mengandung unsur belerang metionin, sistin, dan sistein. Asam Amino ini sangat penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf. Sistein dan asam amino juga memiliki peran dalam pembentukan detoksifikasi terhadap racun.

Susu kambing higoat memberikan sumbangan 32,6% kalsium dan 27,0% fosfor dari yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Susu sapi hanya menyumbangkan 29,7% kalsium dan 23,2% fosfor dari yang dibutuhkan.

Susu kambing higoat merupakan sumber kalsium. Kalsium yang terdapat dalam susu kambing sangat baik untuk kekuatan dan kepadatan tulang. Kalsium di dalam tubuh bisa berfungsi untuk melindungi sel usus besar dari risiko kanker akibat zat kimia yang melewatinya. Selain itu kalsium juga bisa mencegah pengeroposan tulang setelah masa menopause. Kalsium sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang menderita radang sendi, migrain, dan gejala sindroma premenstrual haid.

Kalsium juga memiliki peran dalam proses pembekuan darah, kontraksi otot, merangsang saraf yang ada dalam tubuh kita, pengaturan aktivitas enzim, pemberdayaan fungsi membran sel, dan pengaturan tekanan darah. Kebutuhan kalsium dalam tubuh sangatlah besar, jika persediaan kalsium dalam darah kurang, maka secara otomatis tubuh akan mengambil kalsium dalam tulang. Jika sudah demikian, maka tulang akan semakin lunak dan keropos. Kekurangan kalsium lebih disebabkan oleh minimnya asupan gizi dalam tubuh kita.

Dirangkum dari berbagai sumber

 

1 Comment


  1. HiGoat setau gue bukan mengedepankan kualitas produk dlm jangka panjang,krn ini hanya sebuah sistem MLM yg menggunakan produk susu kambing dan mengekspos manfaat susu kambing bagi kesehatan..
    Dari segi produk susu kambing memang bagus dan Rosul pun suka minum susu kambing…
    hanya saja disayangkan saja sistem pemasaran harus menggunakan sistem MLM yg notabenya haram hukumnya dalam agama Islam itu sendiri..
    selain itu juga dari segi harga terlihat jelas sangat tidak terjangkau untuk pasaran umum krn memang produk ini hanya diperuntukan utk sistem MLM aja..
    Lalu dr segi kemurnian masih diragukan sekali..krn proses produk Higoat sendiri melalui beberapa siste modern yg tentu tentu adanya kompeonen tambahan utk bahan bakunya,jadi itu sdh tdk murni susu kambing…
    kalopun ada yg sembuh penyakitnya krn susu kambing itu karena benar-benar minum susu murni cair tanpa proses modern..
    kalo utk produk pengembangan spt sabun atau komestik bolehlah dijadika icon HiGoat..tapi disayangkan sekali kalo utk produk susu kambing kemasan dg label murni dan harga tdk terjangkau utk umum kecuali emang utk MLM..
    Harga tdk sebanding lurus dg apa yg dihasilkan,,
    kalo noleh memilih utk membeli susu kambing saya cenderung untuk beli yg asli murni dr peternak lgsg yg jelas tanpa proses apapun,dan tentunya terjamin keasliannya..tapi kalo ingin mencoba produk pengembangan dr susu kambing boleh dicoba tapi tdk hrs menjadi member..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *