Fakta Penting Tentang Air Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Fakta Menarik tentang Manfaat Air

Fakta Penting Tentang Air Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui. Tahukah anda jika 60 persen tubuh manusia terdiri dari air? Tubuh kita menggunakan air sebagai salah satu pembentuk sel, organ dan sebagainya untuk menjaga tubuh kita berfungsi normal. Kadar air dalam tubuh bisa dengan cepat berkurang karena saat kita bernafas, berkeringat dan saat buang air, maka air dalam tubuh akan berkurang dan harus segera digantikan supaya tidak mengalami dehidrasi.

Baca: Siasati Malas Minum Air Putih

cantik dengan minum Air PutihUntuk mengganti cairan tubuh yang hilang, sebaiknya secara rutin konsumsi air minum dan makanan yang memiliki banyak kandungan air. Jumlah cairan untuk menggantikan yang hilang tergantung beberapa faktor seperti kondisi fisik, lingkungan dan juga kondisi kesehatan masing-masing.

Berikut adalah beberapa fakta penting tentang air bagi tubuh kita yang mungkin belum anda ketahui.

Air Melindungi Jaringan, Sendi Dan Tulang Belakang

Air tidak hanya sekedar menghilangkan rasa haus dan menjaga suhu tubuh anda, air juga menjaga jaringan tubuh anda agar tetap lembab. Anda pernah merasakan bagaimana rasanay saat mata, hidung atau mulut anda kerika kering?

Pasti rasanya tidak enak. Air dalam tubuh memiliki fungsi untuk mejaga area seperti mata, mulut dan hidung untuk tetap lembab dan basah. Ini juga termasuk bagian lainnya seperti tulang, darah dan otak. Selain itu air juga berfungsi sebagai pelumas pada bagian sendi tulang.

Baca: Manfaat Susu Kambing Higoat Untuk Lanjut Usia (Lansia)

Air Membantu Tubuh Membuang Kotoran

Jumlah air yang memadai akan membuat tubuh mampu untuk mengeluarkan kotoran dari dalam melalui keringat, air seni dan tinja. Hati dan ginjal menggunakan air untuk membuang kotoran dan racun, begitu juga usus. Air juga menjaga tubuh dari sembelit dengan cara melembutkan makanan didalam perut supaya bisa mengalir lancar. Tapi harap diingat, belum ada pembuktian jika menambah jumlah air minum bisa menyembuhkan sembelit.

Air Membantu Pencernaan

Pencernaan diawali dengan penghancuran makanan dimulut dengan bantuan air liur. Air liur pada dasarnya adalah air. Air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk menghancurkan makanan dan mengurai nutrisi dan mineral. Pencernaan yang normal akan membuat tubuh bisa menyerap mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Air juga membantu tubuh menyerab serat dari makanan yang masuk.

Baca: Mengapa Susu Kambing Higoat Mudah Dicerna?

Air Mencegah Dehidrasi

Tubuh kehilangan kandungan air dengan banyak cara. Bisa melalui keringat dan air seni, atau ketika anda sakit dan muntah-muntah. Atau keringat berlebih saat anda mengalami demam. Jika tubuh anda kehilangan banyak cairan dalam kondisi seperti itu maka diharuskan untuk menggangtinya dengan segera.

Berapa Banyak Air Yang Kita Butuhkan?

Cantik dengan air putih 2Tidak ada ukuran pasti berapa air yang kita butuhkan karena akan berbeda pada setiap orang. Tapi menurut rekomendasi dari Insititue of Medicine of the National Academics, kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi dengan cara sangat sederhana, yakni minum saat merasa haus. Bahkan bagi orang dengan kondisi tubuh yang normal, kebutuhan air juga bisa terpenuhi dari sumber makanan seperti buah dan makanan sehari-hari.

Tapi jika anda masih bingung apakah kebutuhan air bagi tubuh anda sudah terpenuhi atau belum, cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat air seni anda. Jika air seni anda berwarna bening, maka kebutuhan air dalam tubuh anda terpenuhi. Jika warnanya agak gelap, maka kebutuhan air belum terpenuhi. Hati-hati jika warnanya semakin gelap karena bisa jadi anda mengalami dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *