Cara Sederhana Membuat Susu Kambing Bubuk

Pada prinsipnya cara membuat susu kambing bubuk amatlah sederhana. Yaitu dengan cara menguapkan  sebanyak mungkin kandungan air susu dengan  cara pemanasan (pengeringan). Adapun Tahap-tahap pembuatan susu bubuk adalah perlakuan pendahuluan, pemanasan pendahuluan, pengeringan dan pengepakan.

1. Perlakuan Pendahuluan

Pada saat perlakuan pendahuluan yang harus dikerjakan adalah penyaringan, separasi dan standarisasi. Penyaringan bertujuan  memisahkan benda-benda asing misalnya debu,  pasir, bulu, dan  sebagainya yang terdapat  dalam susu. Separasi bertujuan untuk memisahkan krim dan susu skim. Terutama dikerjakan apabila ingin dibuat bubuk krim atau bubuk skim.

2. Pemanasan Pendahuluan

Tujuan pemanasan pendahuluan adalah menguapkan sebagian air yang terkandung dalam susu, sampai mencapai kadar kurang lebih 45-50% saja. Alat yang digunakan untuk pemanasan pendahuluan biasanya adalah evaporator. Untuk memanaskan digunakan udara  yang bersuhu antara 65-177 derajad Celcius tergantung jenis produk yang dibuat.

3. Standarisasi

Standarisasi adalah membuat susu menjadi sama komposisinya. Hasil susu dari peternak yang berbeda komposisinya dicampur sampai homogen yaitu dengan cara mengaduk ataupun dengan menuang susu dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya.

4. Pengeringan

Pengeringan adalah proses untuk memisahkan kandungan air yang ada pada susu. Pengeringan bisa dilakukan dengan menggunakan alat pada suhu standar. Karena jika terlalu panas malah akan merusak kandungan susu.

Ada dua macam (tipe) alat yang digunakan dalam pengeringan yaitu:

a. silindris (drum dryer)

b. semprotan

5. Pengepakan

Setelah susu sudah menjadi bubuk, maka susu telah siap untuk di packaging. Dalam melakukan pengepakan bisa dilakukan dengan manual maupun dengan menggunakan mesin. Yang terpenting pada fase ini adalah peralatan yang digunakan harus tetap steril.

Nah setelah packing selesai, susu siap dikonsumsi oleh konsumen susu.

Macam-macam susu bubuk:

1. Susu penuh yaitu susu bubuk  yang dibuat dari susu  segar yang tidak mengalami separasi. Kadar  lemaknya 26%  dan Kadar airnya 5%.

2. Bubuk susu skim yaitu susu bubuk yang dibuat dari susu skim. Susu ini banyak mengandung protein, kadar airnya 5%

3. Bubuk krim atau bubuk susu mentega. Dibuat  dari krim  yang mengandung banyak lemak.

4. Bubuk whey, bubuk susu coklat, bubuk susu instant dan lain-lain.

Demikianlah sedikit tips sederhana untuk membuat susu kambing dalam bentuk bubuk.

Disarikan dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *