Cara Mudah Berjualan dengan Blackberry

Jualan dengan Blackberry
Jualan dengan Blackberry

Kiranya akhir-akhir ini dunia informasi telah melaju semakin cepat. Jejaring sosial semakin padat saja. Pelaku bisnis sudah menggila di dunia maya. Beragam jejaring sosial yang saya miliki penuh sesak dengan spam iklan berbagai produk.

Nah bagi anda yang telah memiliki blackberry, mungkin sangat sayang jika hanya digunakan untuk gengsi gensian. Blackberry bisa menghasilkan uang jika kita pandai memanfaatkannya.

Belakangan ini pemasaran menggunakan Blackberry semakin digandrungi oleh marketer. Mereka memanfaatkan media ini untuk menawarkan produk yang dimiliki. Namun kadangkala masih banyak pengguna Blackberry yang melakukan dengan cara sembarangan.

Misalnya melakukan Broadcast masage terlalu sering. Hal ini menjadikan teman kita semakin jengkel. Akhirnya didelet juga dari pertemanan. Ini adalah masalah yang sangat fatal. Harusnya mereka jadi target pasar kita, namun karena karena kurang berhati-hati kita malah didelet.

Nah pada tulisan ini saya akan menyampaikan sedikit tips mudah berjualan dengan blackberry. Agar anda bisa melakukannya dengan santun dan tidak mengganggu orang-orang yang telah menjadi teman anda, maka anda memang harus membaca tips ini.

1. Pilih Produk yang Berkualitas

Sebelum anda menentukan ingin berjualan apa. Pertama anda harus melakukan survey kecil kecilan. Pilihlah produk apa yang menurut anda banyak dibutuhkan orang, kompetitornya tidak banyak dan dibutuhkan setiap hari. Kalau anda telah menemukan ini saya kira anda sudah bisa melakukan penjulan. Jika menggunakan reseller itu lebih baik. Karena anda tidak perlu stok barang. Hanya dibutuhkan katalog barang saja.

2. Rubah Profil BB Anda

Ini sangat penting karena dengan mengganti profil ini orang lain akan tau apa yang anda jual. Caranya adalah ganti DP (Display Picture) dengan produk yang akan anda jual. Carilah pic yang paling bagus dan menarik buat orang lain.

3. Merubah Status Secara Berkala 

Status inilah yang sebenarnya sering dibaca oleh contac kita. Namun ketika kita salah waktu dalam merubah status maka tidak akan terbaca orang. Nah waktu yang tepat untuk merubah status adalah jam-jam dimana orang banyak membuka BB. Yaitu jam 07.00-08.00, 12.00-13.00, 16.00-17.00 dan jam 19.00- 22.00. Pada jam-jam inilah saat yang tepat untuk updates status.

Dalam melakukan update, anda memang harus menggunakan bahasa yang halus dan tidak terlalu berlebihan. Namun jangan salah, anda harus sadar bahwa anda memiliki tugas untuk memasarkan barang anda. heheh. Misalnya “khasiat susu kambing higoat sangat luar biasa, rugi kalau anda tidak mencobanya”. Bahasa yang baik dan menarik sangatlah dibutuhkan untuk menjaga agar teman anda tidak melakukan penolakan terhadap apa yang anda tawarkan.

Buat personal massage anda menarik misalnya adalah promo bisnis, produkterbaru, informasi terkini, ataupun hal-hal lucu dalam kehidupan anda. Atau apapun yang menjadikan orang lain tertarik untuk membaca yang akhirnya akan membaca website anda. Menurut saya, Personal Masaage yang paling baik adalah informasi terkini terupdate tentang berbagai hal.

4. Cantumkan Alamat Website Anda

Saya kira katalog produkn dan keterangan yang disampakan di BB tidaklah cukup komplit. Maka dari itu saran saya anda tetap harus membuat web atau blog yang isinya tentang produk anda. Tujuannya adalah agar orang yang tertarik dengan produk anda bisa melihat secara lebih detil produk anda di website anda. Selain itu juga meringankan beban anda untuk menjelaskan kepada teman contac. Orang yang penasaran dengan produk anda juga akan langsung melihat alamat web yang anda pasang di Personal Name. Inilah keuntungannya.

5. Jangan Broadcast Terlalu Sering

Broadcast yang keseringan mengakibatkan orang tidak suka. Apalagi produk yang anda tawarkan tidak sesuai dengan orang yang anda broadcast. Model seperti ini sangat dibenci oleh teman-teman BB. Alangkah baiknya jika broadcast dilakukan tidak lebih dari 2 kali dalam 1 bulan. Itu pun harus anda pilih siapa yang kiranya cocok dengan produk yang anda tawarkan.

6. Buatlah Group Khusus tentang Bisnis Anda

Jika beberapa teman telah menjadi pelanggan produk anda dan telah menjadi teman anda, maka kiranya perlu membuat groups khusus untuk mendiskusikan bisnis ini. Selain itu anda juga bisa mengundang orang-orang yang kiranya pernah tertarik pada bisnis anda. Ingat hindari untuk menginvite orang-orang yang tidak tertarik pada bisnis anda.

7. Folow up Secara Berkala Calon Pembeli

Nah jika orang-orang menanyakan tentang produk yang anda jual, anda haru bisa memfolow up secara santun dan berkala. Jangan langsung menawarkan produk, kenalan dahulu secara lebih dekat agar tidak canggung. Anda bisa berbicara tentang keluarganya, aktivitas, hoby dll. Baru anda bicarakan bisnis apa yang sedang anda geluti.

Setelah dia membeli dan menggunakan produk dari kita, masalahnya tidak selesai sampai di sini. Justru ini adalah arena baru untuk menjadikan binis kita semakin bagus. Jadikanlah dia testimony untuk produk kita dan meminta untuk memasarkan produk kita ke orang-orang terdekat mereka. Sebenarnya ini tidak begitu penting, karena kalau produk kita bagus dan berkualitas serta pelayanan kita bagus, maka orang akan kembali membeli kepada kita dan akan membawa orang lain pula.

8. Sapalah Semua Contac BB Secara Berkala

Pada hari-hari tertentu ketika anda memiliki waktu agak longgar silahkan sapa semua teman yang ada di kontak anda. Sekedar tanyakan “say hello” ataupun bertanya tentang keluarga, hoby ataupun yang lainnya. Ini sebenarnya adalah cara kita bersilaturahim dan menjalin persahabatan. Jika mereka memiliki masalah tidak ada salahnya kita membantu semampu kita.

Mungkin inilah sedikit catatan saya. Mudah-mudahan tips ini bisa menambah khasanah teman-teman untuk berbisnis. Ingat kontak dalam Blackberry anda adalah pasar yang luar biasa dahsyat, Jadi jangan sepelekan mereka dan rawatlah dengan baik.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *