Berikut Bahaya dan Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Hijau untuk Program Diet

Berikut Bahaya dan Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Hijau untuk Program Diet. Amankah mengkonsumsi kopi hijau? Ini adalah pertanyaan yang seringkali muncul di benak masyarakat luas. Hal ini bisa dimaklumi, karena banyak sekali beredar di pasaran tentang kopi hijau. Sekarang ini, kopi hijau sedang marak dan booming dimana-mana. Banyak orang mengkonsumsi kopi hijau dengan dalih sebagai pelangsing, penyembuh selulit dan lain sebagainya. Dalam kadar tertentu, kopi hijau memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Baca: Bahaya Susu Kambing Buat Kesehatan Anda

Bahaya kopi hijauNamun mungkin masih belum banyak yang mengupas tentang bahaya dan efek samping mengkonsumsi kopi hijau secara berlebihan. Dalam tulisan ini, saya hendak menguak sedikit bahaya dan efek samping kpi hijau. Menurut penelitian, mengkonsumsi kopi jika berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Adapun batas maksimal mengkonsumsi kopi adalah 480mg per hari.  Itu pun batas maksimalnya adalah selama 12 minggu. Jika melebihi batas tersebut maka tidak baik buat kesehatan.

Kopi hijau juga disarankan agar dikonsumsi tidak melebihi 200mg setiap hari selama 12 minggu. Saya kira ini adalah perhatian yang sangat penting buat para penggemar kopi atau yang sedang menjalankan program diet menggunakan kopi hijau. Perlu anda ketahui juga bahwasanya kopi hijau tidak jauh berbeda dengan kopi biasa. Kandungan cafein juga masih tergolong sangat tinggi. Jadi tentu masih memiliki dampak yang tidak jauh berbeda dengan kopi biasa.

Baca: Lakukan Hal Ini Apabila Penyakit Batuk Tiba-Tiba Menyerang Anda

Seperti yang sudah banyak diulas, bahwa kafein dalam kopi berdampak pada penyakit susah tidur kepala pusing, sakit perut, detak jantung meningkat cepat, pernapasan menjadi terengah-engah, mual hingga muntah, dan masih banyak lainnya. Mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat besar juga berdampak buruk pada kesehatan, diantaranya akan mengakibatkan detak jantung tidak teratur, telinga mendengung, cemas, sakit kepala, susah buang air besar, serangan kecemasan yang berlebihan dll.

Bahkan bagi orang-orang yang menderita penyakit khusus, kopi dilarang untuk dikonsumsi, bahkan bisa dikatakan berbahaya. Karena apabila tetap mengkonsumsi kopi, dikhawatirkan akan berdampak semakin memperburuk keadaan. Jika anda memiliki penyakit seperti; Diabetes, Diare, Gangguan kecemasan, Gangguan perdarahan, Glaukoma, Kolesterol tinggi, Osteoporosis, Sindrom iritasi usus dan Tingkat homosistein yang tinggi, maka anda disarankan tidak mengkonsumsi kopi walaupun dalam jumlah sedikit.

Baca: Waspadai Serangan Diabetes Militus pada Keluarga Anda

Sekali lagi saya perlu mempertegas bahwa bahaya dan efek samping mengkonsumsi kopi ijau sama dengan bahaya mengkonsumsi kopi hitam biasanya. Jadi, anda memang diharuskan untuk senantiasa berhati-hati dengan kopi hijau yang beredar di pasaran. Pastikan anda mengkonsumsinya dengan dosis yang tepat ya.

Tips Mengkonsumsi Kopi Hijau yang aman dan Sehat

  1. Jangan mengkonsumsi kopi hijau jika anda tergolong memiliki penyakit yang tidak diperbolehkan terkena kafein. Ini jika anda langgar tentu akan berdampak pada kesehatan anda.
  2. Karena sangat keras sekali dampaknya pada pencernaan, maka kopi hijau tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui dan anak-anak. Jadi jika anda sedang dalam kondisi seperti ini, jangan sampai anda mengkonsumsi kopi hijau. Karena bisa berdampak pada kesehatan janin dan anak anda.
  3. Jangan sampai anda mengkonsumsi kopi hijau dibarengkan dengan minum obat kimia yang mengandung kafein. Reaksi obat kimia dengan kopi hijau dalam batas tertentu bisa mengakibatkan kematian.
  4. Konsultasikan dulu dengan dokter anda, jika memang anda berkeinginan untuk mengkonsumsi kopi hijau sebagai pelangsing. Jika dokter melarang maka anda juga harus tidak mengkonsumsinya.
  5. Ikutilah petunjuk mengkonsumsinya. Sekali lagi jangan sampai anda berlebihan untuk mengkonsumsi kopi hijau.
  6. Jika anda mengkonsumsi kopi hijau untuk diet, maka anda harus mengimbangi dengan olah raga yang cukup. Hal ini penting agar tekanan jantung anda tetap terpompa dengan baik.

Demikianlah sekelumit tentang Bahaya dan Efek Samping Kopi Hijau untuk Program Diet. Mudah-mudahan ini menjadi bahan pembelajaran agar kita tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *