Berbagai Keunggulan dan Khasiat Susu Kambing Higoat

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 40 persen pasien yang alergi terhadap susu sapi memiliki toleransi yang tinggi terhadap susu kambing. Pasien tersebut kemungkinan besar sangat sensitif terhadap lactoglobulin yang terkandung pada susu bangsa sapi tertentu.

Ada yang menduga bahwa protein susu lactogloglobulin yang menyebabkan alergi terhadap protein susu sapi. banyak orang yang menggunakan susu kedelai sebagai salah satu alternatif pengganti susu sapi bagi bayi. Namun hasil penelitian mengatakan bahwa masih ada sekitar 20-50 persen bayi tidak toleran terhadap susu kedelai. Maka dari itu, susu kambing bubuk sangat direkomendasikan untuk pendamping ASI.

Pada saat proses pengolahan susu kambing higoat ada proses denaturasi. Proses ini merubah struktur dasar dalam protein susu, yaitu dengan cara menurunkan tingkatan alerginya. Susu kambing higoat lebih banyak mengandung asam lemak berantai pendek dan sedang (C4:0-C12:0), jika dibandingkan dengan susu sapi. inilah yang menyebabkan susu bubuk kambing menjadi mudah dicerna.

Sementara susu sapi dibuat homogen dengan perlakuan mekanis. Inilah yang menyebabkan ikatan lemak susu sapi dipecahkan dan enzim yang terikat di dalamnya, oksida santin (xanthine oxidase) memasuki dinding pembuluh darah dan ikut dalam aliran darah. Enzim ini bisa memengaruhi jantung dan saluran arteri.

Dampak dari ini tubuh terangsang untuk melepaskan kolesterol ke dalam darah. Ini adalah bentuk pertahanan terhadap materi lemak. Kejadian ini bisa menyebabkan arteriosklerosis (pengapuran pembuluh nadi). Namun jika susu sapi tetap dalam kondisi alami yaitu tidak homogen (unhomogenized). Enzim oksida santin yang tidak terurai akan dikeluarkan oleh tubuh tanpa proses penyerapan.

Namun susu kambing higoat sampai hari ini belum bisa mengalahkan kesuksesan susu sapi. Susu kambing higoat sangat bermanfaat bagi anak-anak dan penderita sakit. Susu kambing higoat juga bisa diolah menjadi berbagai produk, mulai dari minuman, makanan hingga kosmetik. Campuran susu kambing higoat, minyak olive, kelapa, kedelai, bubuk cokelat dan sodium hidroksida merupakan bahan sabun susu kambing yang lembut, sekaligus bisa menjaga kelembaban kulit. Susu kambing higoat juga tersedia dalam bentuk cairan pelembab (lotion) dan lipstick dan sabun. Sabun susu kambing higoat bisa mengatasi berbagai penyakit kulit diantaranya eksim dan jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *