Beragam Jenis Susu untuk Kesehatan

Jika anda berjalan-jalan ke pasar atau pusat perbelanjaan, silahkan mampir ke perlengkapan atau makanan bayi. Di sana anda akan menemukan puluhan jenis susu yang dipergunakan untuk menambah nutrisi tubuh dan kesehatan. Sudah mafhum diketahui secara bersama-sama bahwa kandungan gizi yang terdapat pada susu sangatlah bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan bagi anak-anak.

Manfaat susu untuk tubuh bisa didedahkan sesuai dengan usia perkembangan. Untuk bayi baru lahir, susu sangat berperan membantu pembentukan dan perkembangan tubuh. Untuk anak-anak dan remaja, susu merupakan sumber protein, vitamin B12 dan kalsium. Sementara untuk orang dewasa dan lansia, susu merupakan sumber protein, vitamin B12, dan kalsium.

Jika anda sayang pada tubuh dan kesehatan anda, tentunya anda akan memilih susu terbaik untuk anda dan keluarga. Pertimbangan memilih susu bukan hanya masalah ada dan tidaknya skim (kandungan lemak). Memutuskan membeli susu, bukan hanya terbatas pada pertimbangan susu skim atau bebas lemak. Di pasaran memang banyak ragam susu mulai dari susu kedelai, susu sapi, susu kambing, susu soya, susu kuda liar, susu rami, susu kacang almond dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam tulisan ini akan disajikan berbagai jenis susu dan karakternya.

1. Soy milk (susu kedelai)

Susu kedelai terkenal dengan ketidakadaannya kolestrol di dalamnya. Susu ini juga memiliki lebih sedikit kandungan lemak jenuh. Susu Kedelai kaya akan protein dan kalium, dan akan membantu Anda tetap langsing. Dalam Satu cangkir susu kedelai mengandung 100 kalori dan 4 gram lemak.

Susu kedelai memang banyak manfaatnya, namun ada beberapa produsen menambahkan gula pasir atau pemanis buatan untuk mempermanis rasa. Maka dari itu, jika anda masih berkeinginan mengkonsumsi susu kedelai, maka anda harus cermat dalam memilihnya.

2. Hemp milk (susu rami)

Susu rami ini banyak mengandung asam lemak omega-3 dan bebas kolesterol. Dalam Secangkir susu rami mengandung 100 kalori dan 400 miligram kalsium, jika dibandingkan dengan susu sapi kandungan ini lebih besar. Susu rami ini berasal dari tanaman ganja yang berukuran besar. Namun menurut beberapa pakar kesehatan susu ini tidak memiliki khasiat sebagus susu kedelai yang kaya protein dan kalium.

3. Almond milk (susu kacang almond)

Susu kacang almond ini bebas dari kolestrol. Dengan emikian jika anda ingin mengontrol kolesterol, pilihan terhadap susu kacang almond sangatlah tepat. Kelebihan susu almond yang lain adalah rendah kalori. Di dalam satu cangkir terdapat 60 kalori).

4. Cow milk (susu sapi)

Susu sapi sangat populer di Indonesia. Sekitar 70 persen pengonsumsi susu menjatuhkan pilihannya pada susu sapi. Alasan yang biasa digunakan adalah kandungan vitaminnya cukup tinggi. Dalam segelas susu sapi menyediakan kalsium, protein, serta vitamin A dan D. Dalam hal pemenuhan kesehatan tubuh, susu sapi memiliki keseluruhan kalori, yakni sekira 80 kalori per cangkir. Jadi, jika Anda ingin membangun kebiasaan makan sehat dan memonitor kolesterol, Anda dapat memilih susu skim atau susu rendah lemak yang kaya protein dan tanpa lemak jenuh.

5. Goat milk (susu kambing)

Susu kambing memang tidak sepopuler susu sapi. Namun tidak sedikit orang yang menjatuhkan pilihannya pada susu kambing. Sebagian orang menyukai susu kambing karena teksturnya. Beberapa studi yang pernah dilakukan telah menunjukkan bahwa susu kambing mengurangi terjadinya alergi terhadap susu sapi atau susu dan makanan lainnya. Susu ini juga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada pilihan susu lainnya. Satu cangkir susu kambing memiliki kandungan sekira 170 kalori, 10 gram lemak, dan 27 miligram kolesterol.

Susu kambing banyak sekali manfaatnya, selain untuk menjaga kesehatan, susu kambing juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Nah itulah beragam susu di pasaran secara garis besarnya. Sekarang pilihan untuk mengkonsumsi susu sepenuhnya berada di tangan anda. Silahkan.

Tulisan disadur dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *