Belajar Bisnis Sejak Dini

Bisnis memang tidak harus dimulai pada saat menjelang dewasa. Bisnis alangkah baikmya memang dimulai sejak dini. Sejak masih kecil, sejak masih dalam usia perkembangan, sejak masih remaja dan seterusnya. Bisnis memang kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika bisnis itu dilakukan dengan suka cita. Heheh. Oya saya pernah dibilangin kawan saya, bahwa bisnis itu tidak ada yang tiba-tiba saja menjadi besar. Memang butuh proses yang agak panjang untuk menjadi besar.

Kebanyakan orang memang pingin bisnisnya bisa berkembang dengan cepat, namun usahanya kecil. Ya bagaimana usahanya bisa berkembang pesat jika usahanya kecil. Nah sebagian lagi pingin bisnisnya sukses tapi tidak mau sengsara, ya aneh kan? Kebanyakan orang memang pinginnya jalan pintas saja. Melihat orang yang sekarang berhasil dan pingin menyemainya dalam waktu yang singkat. Tidak mau mengikuti ataupun belajar dari mana keberhasilan itu dibuat, prosesnya seperti apa, berapa waktu yang harus diluangkan untuk membangun bisnisnya, berapa modal yang harus diberikan?

Saya kira kita tidak bisa terburu-buru untuk memutuskan. Kalau memulai bisnis memang harus sejak awal, namun kalau keberhasilan itu memang berbanding lurus dengan usaha kita. Nah maka dari itu usaha dan kerja keras dalam mengembangkan usaha kita adalah perkara wajib ya. Kalau tidak demikian bisa dijamin bahwa usaha kita susah berkembang.

Mencari penghasilan tambahan selagi masih muda atau bahkan usia sekolah (asalkan sesuai dengan konteksnya) saya rasa sama sekali tak salah ya?. Ya dong, ngapain pula harus tunggu sampai usia tua atau setelah pensiun dari kerja kantoran baru mulai kan?. Biarpun saat ini Anda sudah ada penghasilan, maka mengapa tidak mencari sumber penghasilan tambahan di luar jam kerja Anda itu?. Uang itu bagus loh, apalai kalo banyak dan digunakan secara positif. Mumpung lagi muda, siap-siap pensiun deh, agar nanti udah tua tetap banyak uang. Misalya Anda ingin belajar bisnis sekaligus mempraktekkan apa yang Anda pelajari tersebut dengan menjalankan bisnis rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *