Bagaimana Memelihara Semangat dalam Bisnis?

Keusksesan dalam menjalankan bisnis apapun dan dimanapun adalah semangat yang tinggi. Karena dengan semangat yang tinggi inilah semuanya bisa berjalan dengan baik. Lantas bagaimana jika semangat itu naik turun? Memang semangat manusia senantiasa seperti itu. Ini adalah wajar, namun agar sukses dalam berbisnis, maka anda harus memelihara semangat, caranya adalah dengan keyakinan akan keberhasilan cita-cita anda.

Tentunya sekedar semangat saja rasanya masih jauh dari cukup untuk sukses luar biasa dalam berbisnis. Tetap diperlukan hal lainnya kok, dan memang kalau dihitung-hitung maka semua bisnis perlu modal, salah satu modal untuk sukses itu tentu saja adalah semangat berbisnis itu sendiri. Walaupun tampaknya semangat ini adalah hal yang sederhana namun tetap saja sangat penting dan dapat berefek besar pada sukses tidaknya bisnis Anda. Produktivitas yang besar dalam dunia bisnis biasanya bahkan hampir selalu lebih mungkin didapatkan oleh mereka yang bersemangat besar, sedangkan mereka yang bersemangat lemah dan malas serta tidak mengupayakan agar bisnis sukses biasanya sering kecewa dengan hasil yang didapat.

Pastilah tidak sulit kita bayangkan pencapaian yang dapat kita raih seandainya kita tak punya semangat untuk membuat bisnis kita sukses. Walaupun sekali waktu kita ngga banyak usaha eh ternyata lagi sangat beruntung, maka hal tersebut biasanya sangat jarang terjadi deh ya. Coba juga perhatikan orang-orang yang sukses di sekitar Anda selama ini, kebanyakan diantara mereka yang sukses pastilah semangatnya menyala-nyala. Orang-orang yang sukses dalam bisnis memang punya banyak kesamaan, diantarnya adalah kesamaan dalam hal semangat ini.

Bukan hanya saat berbisnis kok kita perlu punya semangat menyala, bahkan saat kita baru belajar bisnis pun semangat harus sudah besar. Keseriusan kita, waktu dan tenaga yang kita alokasikan untuk belajar bisnis akan ditentukan seberapa ingin dan seberapa bersemangatnya kita. Kalau kita ngga ada semangat maka jelas waktu dan tenaga yang kita punya pun akan seperti sulit untuk kita sediakan, kalau sudah demikian maka jangan kan untuk berbisnis beneran untuk belajar pun ogah.. Karena waktu dan tenaga serta kreativitas yang dicurahkan untuk belajar bisnis tersebut hebat maka sewajarnyalah hasil yang dicapai dalam proses belajar bisnis itu pun akan lebih optimal. Apalagi semangat sewaktu kita benar-benar sedang menjalankan bisnis, ini malah perlu lebih besar lagi ketimbang semangat ketika kita sedang belajar tadi.

Semangat dan hasil biasanya berjalan beriringan dan saling mempengaruhi. Anda bisa melakukan hal ini, Anda coba lebih bersemangat dari hari-hari kemarin maka penghasilan yang Anda peroleh kemudian akan mungkin sekali lebih tinggi. Dan jika ternyata memang benar hasilnya begitu maka hasil yang Anda peroleh kemudian itu akan dapat meningkatkan semangat Anda, jadi beruntun gitu. Anda boleh coba deh ya. Jika begitu yang mana perlu didahulukan ya? hasil bisnis yang bagus dulu baru setelah itu karena hasilnya tersebut lantas kita jadi lebih bersemangat dulu atau beremangat dulu? Menurut saya sih memang bisa keduanya, tetapi lebih seringnya dimulai oleh semangatnya dulu, paling tidak itulah yang kerap terjadi pada saya deh. Sebaliknya nih, kalau kita makin loyo atau turun semangat maka seringnya hasil yang kita capai pun turun. Dan yang lebih buruk lagi karena hasil yang turun tersebut kemudian semangat kita tambah turun. Kalau ini yang terjadi maka bisa game over deh. Hati-hati kena penyakit penurunan semangat ya. Bagaimana pengalaman Anda tentang hal ini?.

Bagaimana cara agar tetap bersemangat dalam berbisnis?. Tentu ada demikian banyak caranya ya. Diantaranya adalah dengan mencoba lebih fokus bergaul, berteman dengan orang lain yang juga pebisnis yang Anda nilai punya semangat yang tinggi. Bisa juga dengan memupuk harapan. Semangat juga bisa timbul untuk menghindari hal-hal yang tidak enak, penderitaan, kesusahan. Bayangkan Anda akan sulit banget dalam hibup ini jika Anda mempertahankan rasa malas misalnya, maka saya rasa itu akan punya energi untuk membangkitkan semangat bisnis dalam diri Anda.

Jadi, mulai sekarang yuk lebih bersemangat lagi dalam urusan bisnis ini serta dalam urusan lain dalam skala yang sangat luas selama kita menjalani hidup ini. Kalau Yang Kuasa telah berjanji bahwa barang siapa yang bersyukur maka niscaya nikmat untuknya akan ditambah maka konsisten dengan tetap bersyukur atas apapun hasil usaha kita selama ini adalah pilihan terbaik juga. Saya doakan Anda sukses dan mendapatkan keberkahan atas hasil-hasil yang Anda peroleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *