Asam Urat, Penyakit Apakah itu?

Tahukah anda jika asam urat adalah salah satu penyakit yang akhir-akhir ini menggejala dan menyerang anak muda dan orang tua. Penyakit ini ditengarai oleh protein yang berlebihan dalam tubuh. Dinamakan asam urat karena terjadi pengasaman pada urat-urat dalam tubuh, yaitu berbentuk Kristal yang berasal dari sisa metablisme, atau biasa disebut sebagai zat purin (bentuk turunan dari bukleoprotein).

Apakah zat purin itu? Purin itu adalah asam nukleat yang berada dalam intisel pada tubuh kita. Sumber-sumber makanan yang mengandung purin bisa berasal dari makanan seperti kacang-kacangan, buah, sayur, jeroan ataupun yang lainnya. Purin juga berasal dari sisa-sisa metoblisme dalam tubuh. Apalagi jika bagian tubuh ada yang bermasalah, purin akan semakin banyak saja diproduksi oleh tubuh.

Tahukan anda bahwa ketika kita mengkonsumsi makanan apapun itu juga, zat purin akan ikut berpindah masuk ke dalam tubuh kita. Ketika purin masuk barengan dengan makanan dan diolah oleh tubuh maka akan menghasilkan asam urat. Ini lah yang kemudian menjadikan nyeri berlebihan pada persendian kita. Nah jika demikian berarti setiap orang memang memiliki potensi untuk berpenyakit asam urat, cumin kadarnya yang berbeda-beda, bagaimana dengan anda?

Asam urat bisa melanda kita apabila kadarnya melebihi batas normal. Tubuh kita sudah memiliki purin sebanyak 85% purin untuk kebutuhan kita setiap hari. Nah untuk memenuhi kebutuhan purin 100% maka hanya diperlukan 15% saja dari makanan yang kita makan sehari-hari. Jika kita kelebihan, maka asam urat akan menyerang tubuh kita, jadi aturlah pola makan dan koreksi terus berapa kadar asam urat anda.

Pada dasarnya kelebihan asam urat akan dikeluarkan oleh urine pada saat kita buang air kecil. Besar kecilnya kadar asam urat kita untuk dibuang diatur oleh ginjal. Nah jika terjadi over asam urat dalam tubuh, maka ginjal akan kwalahan mengaturnya. Nah dengan demikian, asam urat tidak bisa dikeluarkan keseluruhan, akhirnya akan mengkristal dalam persendian kita. Inilah yang menyebabkan asam urat itu, jadi anda memang harus berhati-hati dengan makanan anda.

Maka dari itu saran saya anda harus mencegah asam urat itu menyerang anda. Konsumsi susu kambing higoat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah asam urat. Kenapa Susu kambing higoat? Karena susu kambing higoat bisa membantu menetralisir dan mengontrol keberadaan purin di dalam tubuh. Inilah kenapa susu kambing banyak digunakan oleh orang-orang kuno untuk pengobatan rematik dan asam urat.  Selain itu, susu kambing juga membantu metabolism dalam tubuh. Jika kita makan-makanan yang mengandung purin maka akan ternetralisir, sehingga tidak usah khawatir dengan asam urat, hajar saja pakai susu kambing higoat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *