Apakah Manfaat Susu kambing untuk Bayi?

Apa fungsi susu kambing untuk bayi?Susu kambing memang bisa dikonsumsi oleh siapapupun dan kalangan umur yang beragam. Termasuk di dalamnya adalah bayi yang berumur lebih dari 6  bulan. Sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang bayi dan gigi. Selain itu, susu kambing juga bisa membantu bayi agar tidak alergi terhadap susu.

Pada dasarnya antara Susu kambing  dengan susu sapi memiliki beberapa nutrisi yang sama. Namun, dua produk susu ini juga memiliki banyak perbedaan. Di  beberapa Negara maju, susu kambing lebih disukai daripada susu sapi. Namun menurut tulisan yang dirilis oleh AskDrSears.com, susu kambing dalam bentuk formula masih sulit ditemukan di Amerika. Namun di Indonesia belakangan ini, bisnis susu kambing mungkin adalah hal baru. Namun pada prinsipnya keberadaan kambing dan susu kambing sudah lama.

Adapun manfaat susu kambing bagi bayi adalah sebagai berikut:

1. Susu Kambing Memiliki Lebih Sedikit Alergen

Bagi beberapa bayi yang memiliki alergi terhadap laktosa, susu kambing sangatlah cocok dikonsumsi. Karena di dalam susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa jika dibandingkan dengan susu sapi. menurut catatan Parenting.com, susu kambing memiliki kandungan laktosa sebanyak 4,1 persen. Sedangkan susu sapi memiliki laktosa sebesar 4,7 persen.

Jumlah laktosa dalam susu kambing yang relative kecil ini menjadikan susu ini sangat cocok untuk bayi. Terlebih pada bayi yang mengalami alergiuntuk mengkonsumsi susu sapi. Kandungan yang terdapat pada susu sapi yang membuat bayi menjadi alergi adalah alpha-S1 kasein. Pada dasarnya Alpha-S1 kasein juga ditemukan dalam susu kambing, namun jumlahnya tidak banyak. Dengan demikian kemungkinan terjadi alergi untuk meminum susu kambing relative sedikit jika dibandingkan dengan mengkonsumsi susu sapi.

2. Susu Kambing Mudah Dicerna Bayi

Susu sapi yang biasa dikonsumsi oleh bayi, baik yang dalam bentuk cair ataupu susu bubuk sulit untuk dicerna. Nah mengapa demikian? Dari berbagai penelitian, ternyata ditemukan bahwa agglutinin yang menggabungkan asam lemak ke dalam rantai panjang, membuat usus bekerja keras untuk mencerna susu sapi.

Nah pada Susu kambing tidak ditemukan kandungan agglutinin, sehingga rantai asam lemak lebih pendek dan usus dapat mencerna susu kambing dengan lebih mudah. Menurut AskDrSears.com, dalam 8 ons susu kambing terdapat sekitar 10 g lemak.

3. Kandungan Vitamin dalam Susu Kambing

Jika Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing mengandung lebih banyak kalsium, vitamin B6, vitamin A, kalium, niasin, tembaga dan selenium anti oksidan. Sementara susu sapi lebih banyak mengandung asam folat dan vitamin B12, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan dan perkembangan anak.

Sebagai orang tua, anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter anak tentang nutrisi yang tepat diberikan untuk bayi. Karena American Academy of Pediatrics tidak mendukung penggunaan susu kambing sebagai pengganti susu formula untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Menurut lembaga ini, susu kambing bisa menyebabkan iritasi pada usus dan bisa menyebabkan anemia.

Semoga bermanfaat

Disarikan dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *