Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Protein?

protein susu kambing higoat
protein susu kambing higoat

Banyak orang yang mengkaji tentang manfaat susu dan kandungannya. Salah satu kandungan susu secara umum adalah protein. Protein adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lantas kenapa tubuh kita membutuhkan protein? Pada tulisan ini akan dibahas akan pentingya protein untuk tubuh.

Dalam dunia kesehatan, Protein lebih dikenal dengan senyawa putih telur. Protein merupakan zat terpenting dalam merangsang pertumbuhan sel jaringan dalam tubuh. Sebagian besar bagian tubuh memerlukan protein dalam kadar tertentu. 90% dari jumlah berat darah kering adalah protein, 80% berat otot dan 70% berat kulit adalah protein.

Protein adalah awal mula bahan yang akan menjadi senyawa penting dalam tubuh. Baik yang berupa enzim, hormone maupun antibody (immunoglobulin). Selain itu protein juga menjadi bahan dasar dari pertumbuhan otot, kulit, tulang, rambut, jantung, gigi, darah, dan otak.

Lantas apa yang terjadi jika tubuh kekurangan protein? Jika tubuh kekurangan protein, maka yang terjadi adalah peningkatan asam ataupun basa yang berasar dari darah ataupun jaringan yang lainnya. Jika anak mengami kekurangan protein, maka pertumbuhannya akan terhambat.

Jika kekurangan protein terjadi pada orang dewasa maka yang terjadi adalah kelelahan yang berkepanjangan, depresi, luka yang tidak sembuh-sembuh. Selain itu juga akan terjadi penurunan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh sudah menurun, maka penyakit apapun akan sangat mudah menginjeksi kita.

Maka dari itu, jangan biarkan anda kekurangan protein. Konsumsilah secara teratur susu kambing higoat. Kandungan yang berada di dalamnya sangatlah banyak. Salah satunya adalah protein yang keberadaannya lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

Salam sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *