Agar Bisa Tidur Nyenyak, Minumlah Susu Kambing Sebelum Tidur!

SUsu kambing Higoat
SUsu kambing Higoat

Banyak orang yang mempercayai bahwa minum susu sebelum tidur menjadikan tidur kita lebih nyenyak. Namun sampai hari ini belum ada yang memliki alasan yang jelas, kenapa bisa menjadi seperti itu. Nah pada tulisan ini akan diulas sedikit tentang apa yang menjadikan tidur pulas dari segelas susu?

Susu memang memiliki kontribusi dalam menjadikan orang semakin ngantuk. Hal ini dikarenakan kandungan yang berada dalam susu memiliki dampak secara psikologis dan fisiologis tubuh, sehingga menjadikan ngantuk yang berlebihan.

Beberapa ahli kesehatan mencoba untuk berspekulasi tentang masalah ini. Ada yang beranggapan bahwa triptofan yang terkandung dalam susu kambing mengakibatkan orang menjadi ngantuk. Hal ini dikarenakan oleh melatonin yang dilepaskan oleh susu pada saat berada di pencernaan. Orang yang cukup terkenal dengan analilis tidurnya atau bisa dikatakan sebagai pakar dalam tidur yaitu Dr. Timothy Morgenthaler dari Mayo Clinic mengatakan bahwa jumlah triptofan dalam susu kambing belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.

Sementara ahli yang lain mengatakan bahwa rasa kantuk lebih disebabkan pengaruh fisiologis dan psikologis setelah meminum susu. Namun banyak ahl yang menekankan analisisnya pada pengaruh psikologis. Susu diidentikkan dengan seorang ibu. Nah kebanyakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibunya. Pada saat ia meminum ASI.

Perasaan psikologis tentang kenyamanan ini bisa memperngaruhi kinerja otak untuk melakukan relaksasi yang kemudian berdampak pada rasa kantuk yan berlebihan.

Sementara secara fisiologis, susu hangat bisa menghangatkan kondisi tubuh. Nah tubuh yang hangat akan membuat otot menjadi lebih rileks dan memperlambat respons. Perlambatan respons dan otot yang rileks ini memicu rasa kantuk dan ingin tidur. Selain itu susu hangat juga bisa menenangkan perut. Ketika susu hangat diminum seseorang maka akan menciptakan rasa lega dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut atau lambung. Hal ini sama halnya dengan bayi yang bisa tertidur pulas ketika selesai menyusui.

Bagi anda yang alergi susu atau intoleransi laktosa maka bisa mengganti susu dengan makanan atau nutrisi lain yang juga diketahui bisa menginduksi rasa kantuk dan membantu orang tertidur, seperti pisang, teh chamomile, oatmeal dan juga madu. Namun saya merekomendasikan jika anda alergi terhadap susu sapi, anda bisa mengkonsumsi susu kambing higoat. Karena susu kambing lebih banyak manfaatnya.

Demikianlah kenapa meminum susu pada saat menjelang tidur bisa menjadikan tidur kita semakin nyenyak. Sudahkah Anda Minum susu Kambing hari ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *