7 Tips Mudik dengan Aman, Sehat dan Nyaman Ala Higoat

mudik amanLebaran sebentar lagi, banyak orang berbondong-bondong untuk pulang kampong. Entah apa yang menjadi daya tarik para kaum urban ini sehingga setiap lebaran harus pulang kampung. Namun kalau saya sih pulang kampung itu adalah pengalaman yang menarik, karena bisa ketemu dengan keluarga, saudara dan kawan-kawan lama.

Di Indonesia mudik adalah ritual rutin yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Arus mudik yang paling besar adalah pada saat menjelang lebaran. Bisa dilihat menjelang lebaran seluruh arus transportasi menjadi semakin ruwet saja. Booking tiket pesawat, kereta api ataupun kapal laut bahkan bus penuh sesak.

Mengutip apa yang dikatakan oleh Dr dr H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINACIM, FACP, sebagaimana dilansir oleh Tempo.co kebanyakan orang yang melakukan perjalanan jauh mengalami kelelahan yang sangat terlebih yang memilikih jalur darat yang memerlukan waktu yang panjang. Menurutnya kelelahan pada seesorang itu disebabkan oleh menurunnya ketahanan tubuh. Dalam kondisi ketahanan tubuh yang menurun ini menjadikan virus mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Nah pingin mudik dengan aman, nyaman dan sehat? berikut saya tuliskan sedikit tips mudik dengan aman dan nyaman

  1. Sebelum anda berangkat mudik usahakan istirahat yang cukup. Apalagi jika anda menyetir sendiri kendaraan anda. Maka energy anda harus benar-benar dimanfaatkan secara maksimal. Usahakan juga jika anda membawa kendaraan sendiri seorang yang mendampingi, kalau bisa sih yang bisa nyetir ya biar ada yang gantiin jika anda kelelahan.
  2. Nah jika dalam perjalanan anda mengalami kelelahan jangan dipaksakan untuk terus. Silahkan beristirahat saja direst area atau di POM bensin atau di Masjid yang aman buat anda dan keluarga anda. Lakukan relaksasi karena otot-otot anda kaku setelah beberapa jam tidak bergerak. Atau jika anda pingin buang air kecil jangan ditahan terlalu lama, segeralah memberhentikan kendaraan dan mampir ke toilet umum atau sejenisnya. Karena menahan air kencing akan berdampak pada infeksi saluran kencing anda. Jangan sampai terjadi ya
  3. Perjalanan mudik yang paling aman, nyaman dan enak itu adalah pada saat malam hari. Apalagi jika anda berpuasa, maka perjalanan malam akan sangat menyenangkan.
  4. Bawalah bekal makanan yang cukup dari rumah, dan jangan membeli makanan di jalanan. Jika sangat darurat maka belilah makanan di tempat-tempat yang menurut anda layak konsumsi. Oya jika bawa bekal, bawalah makanan kering agar tidak mudah basi ya.
  5. Selain makanan, anda juga perlu membawa obat-obatan secukupnya, terlebih jika anda memiliki kelainan seperti asma, diabet, penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi, dan asam urat dll. Karena kita tidak tahu kapan penyakit itu akan kambuh.
  6. Jangan membawa barang yang berlebihan ya, karena itu akan mengganggu perjalanan anda. Jika memungkinkan paketkan dahulu barang bawaan anda jauh sebelum anda mudik. Dengan demikian kendaraan anda bisa menjadi lenggang dan bisa digunakan istirahat keluarga anda dengan nyaman.
  7. Jangan lupa minumlah suplemen yang sehat, misalnya susu kambing higoat. Karena dengan suplemen yang sehat anda juga akan sehat selamanya. Ingat jangan minum suplemen yang berbahaya bagi tubuh anda. Karena suplemen seperti itu akan menjadikan anda sehat dalam waktu sesaat, setelah itu anda akan KO di kemudian hari.

Selamat mudik ya, salam buat keluarga di rumah. Mudah-mudahan selamat sampai tujuan dan bisa kembali lagi ke tempat anda sekarang ini dengan selamat

sumber foto

http://tmcblog.com/2012/08/16/report-mudik-pengunjung-tmcblog-part-1/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *