6 Cara Tradisional Menyembuhkan Batuk Dari Bahan Alami Tips ini Sudah Dipraktekan Turun Temurun

6 Cara Tradisional Menyembuhkan Batuk. Batuk? Yes ini adalah penyakit sederhana, namun pada sebagian besar orang sangat menjengkelkan. Memang ada beragam jenis batuk mulai dari batuk kering, batuk bronkitis dan lain sebagainya. Pada sebagian orang, menganggap batuk bukanlah penyakit yang berbahaya, namun anda harus mengetahui dan memeriksakan ke dokter apabila sudah diobatin akan tetapi tidak ada perubahan.

Cara Tradisional Menyembuhkan BatukMeski sering dianggap sebagai penyakit ringan, tapi batuk adalah jenis penyakit yang sangat menggaggu aktifitas jika diderita. Meski mungkin tidak akan sampai membahayakan nyawa, batuk yang diderita berhari-hari akan membuat kita kerepotan. Oleh sebab itu jika menderita batuk jangan ditunggu sampai lama. Segera obati batuk supaya aktifitas kita tetap lancar.

Baca: Susu Kambing Higoat Menyembuhkan Asma Pada Anak-anak, Dewasa dan Orang Tua

Saat ini ada puluhan jenis obat batuk yang dijual bebas di warung-warung terdekat. Segala jenis obat untuk setiap jenis batuk sepertinya sudah tersedia. Tapi sebenarnya ada obat batuk ampuh yang justru bisa kita buat sendiri dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Berikut adalah beberapa obat batuk alami yang bisa anda buat sendiri.

  1. Ambil 3 gram bawang putih kemudian ditumbuk, 1 buah jeruk nipis kemudian ambil air perasannya. Terakhir ambil2 sendok makan madu murni. Campurkan air perasan jeruk nipis, madu dan tumbukan bawang putih. Tambahkan dengan 2 sendok air lalu saring. Hasil dari saringan kemudian diminum disiang dan sore.
  2. Lidah buaya yang biasanya dijadikan tanaman hias juga bisa mengobati sakit batuk. Caranya ambil daging lidah buaya dan campur dengan madu murni. Cukup minum dengan dosis 1 sendok makan. Lakukan 3 kali sehari sampai batuk hilang.
  3. Untuk mengobati batuk rejan yang biasanya menular melalui udara dan bercampur dahak, maka anda bisa menggunakan campuran madu dan daun semanggi. Caranya rebus daun semanggi dengan 3 gelas air dan biarkan sampai air rebusan tersisa ¾ gelas. Setelah itu sisa air rebusan ditambahkan madu dan diminum 2 kali sehari.
  4. Selain itu batuk rejan juga bisa diobati dengan menggunakan jeruk nipis karena sifatnya yang bisa menjadi ekspektoran atau penghancur dahak. Caranya peras 1 buah jeruk nipis kemudian campur dengan kecap atau madu dengan perbandingan 1:1 kemudian minum setiap pagi dan sore.
  5. Daun Saga yang biasanya digunakan sebagai obat sariawan juga bisa menyembuhkan batuk. Caranya rebus satu genggam daun saga dan campur dengan kayu pulasari dan 5 butir buah adas. Cukp diminum satu kali dalam sehari.
  6. Jika batuk yang diderita termasuk parah seperti mengeluarkan darah, maka coba gunakan teratai untuk mengobatinya. Tumbuhan teratai memiliki khasiat untuk menghentikan pendarahan. Caranya bersihkan tumbuhan teratai, jangan ada yang dibuang. Setelah itu dibikin jus dengan takaran 200cc. Minum jus teratai selama 3-5 hari tanpa putus.

Baca: Testimoni: Susu Kambing Higoat Menyembuhkan Talasemia

Tapi jika sakit batuk yang diderita tetap tidak sembuh, maka sebaiknya segera datangi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda memang harus mawas diri terhadap batuk yang terjadi pada anda. Kami menyarankan agar mengkonsumsi obat herbal yang tidak membahayakan bagi kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *